Jelang Idulfitri, Dinas Ketahanan Pangan Sulsel Gelar Pasar Murah

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan melalui Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Makassar menggelar pasar murah menjelang Idulfitri 1422 Hijriah. Pasar murah akan digelar pada 5-6 Mei 2021, mulai pukul 10.00-12.00 Wita.

"Dalam pagelaran pangan murah ini kami menggandeng Mitra Tani untuk menyediakan beberapa komoditas yang nantinya akan dijual dengan cukup murah," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel Fitriani di Makassar, Rabu, 5 Mei 2021, melansir Antara.

Acara pasar murah ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan Lebaran masyarakat. Acara bakal digelar di halaman Kantor Dinas Ketahanan pangan Sulsel di Jalan Sam Ratulangi Makassar.

Fitriani mengatakan pasar murah ini akan menjual bahan pangan bermutu dengan harga yang lebih murah ketimbang di pasar umum. Menurut dia, bahan pangan cenderung mengalami kenaikan harga jelang Idulfitri.

"Kami harap dengan gelar pangan murah ini, warga terbantu mendapatkan pangen dengan harga yang lebih murah," ujar dia.  

Baca juga: Pemkot Makassar Larang Salat Idulfitri di Lapangan Karebosi

Ada sembilan bahan pangan  yang dijual dengan harga lebih murah dari pasar umum. Yakni beras, bawang putih, bawang merah, telur, cabai rawit, gula pasir, minyak goreng, daging ayam, dan daging sapi.

"Yang pasti harganya jauh lebih murah dibanding harga pasaran. Misalnya, beras 5 kilogram (kg) kami jual seharga Rp45 ribu, kalau di pasaran harganya kisaran Rp65 ribu," ungkap Fitriani.

Selain itu, bawang putih akan dijual Rp20 ribu per kg, bawang merah Rp20 ribu per kg, telur Rp38 ribu per rak, cabai rawit Rp10 ribu per kemasan, dan gula pasir Rp12 ribu per kg. Sebagian besar pangan yang dijual dipasok langsung oleh petani dan perusahaan yang bermitra dengan Pasar Mitra Tani Makassar.



(CIA)

Berita Lainnya