Masyarakat Harus Waspada, Bencana Alam Saat Pandemi Covid-19 Bisa Tiba-tiba Melanda!

ilustrasi/medcom.id ilustrasi/medcom.id

Apakareba: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar masyarakat waspada. Sebab di tengah pandemi covid-19 bencana alam dapat berkunjung tak kenal waktu.

"Masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana selalu waspada dan siaga. Karena di saat pandemi begini potensi bencana juga selalu mengancam dan mengintai kita," kata Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial, dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono, melansir Medcom.id, Sabtu, 24 Juli 2021.

Rahmat mengatakan kesiapan masyarakat harus terpelihara. Karena bencana seperti gempa bumi dapat terjadi sewaktu-waktu.

Masyarakat harus sering membaca informasi yang disampaikan oleh akun resmi BMKG. Di sisi lain, masyarakat tetap harus bijaksana jika berhadapan dengan informasi hoaks.

"Kalau ada bencana enggak usah nunggu warning, langsung respons lari, evakuasi mandiri. Jangan ada informasi warning ya terus tidak direspons," ujar Rahmat.

Baca: Waspadai Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Wilayah Indonesia

Rahmat menuturkan bencana alam dapat datang setiap saat dengan berbagai jenis. Namun, dia mengakui cuaca ekstrem bisa diprediksi dalam musim. Hanya bencana alam itu tidak melulu cuaca ekstrem.

"Kadang gempa, kadang longsor, kadang banjir, kadang tsunami. Jadi setiap saat bisa terjadi enggak kenal musim. Kita tinggal di daerah rawan bencana. Semua bencana ada di Indonesia," kata Rahmat. (Siti Yona Hukmana)



(RAI)

Berita Lainnya