Tempat Wisata di Enrekang DIminta Patuh Protokol Kesehatan

ilustrasi wisata/medcom.id ilustrasi wisata/medcom.id

Apakareba: Banyak orang yang tak bisa mudik akhirnya memutuskan untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata pada momen libur Lebaran 2021. Akibatnya, sejumlah tempat wisata padat pengunjung.

Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Enrekang, Sulawesi Selatan, memberikan teguran keras kepada pengelola tempat wisata karena tidak menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

"Di Enrekang ini ada banyak tempat wisata alam terbuka. Kami sudah instruksikan agar setiap pengelola menerapkan prokes ketat. Ini kebaikan bersama dan jangan sampai lengah," kata Kapolres Enrekang AKBP Andi Sinjaya Ghalib, Minggu, 16 Mei 2021, melansir Antara.

Adapun tempat wisata yang menjadi perhatian khusus antara lain pemandian alam Lewaja dan wisata Maballo di Enrekang. Tim Satgas Covid-19 mengerahkan dan menyiagakan personel di tempat wisata demi memberi imbauan prokes kepada pengunjung.

Baca juga: Temani Libur Lebaran, Ini 7 Rekomendasi Drama Korea Rating Tertinggi 2021

Pemantauan tersebut bertujuan mengecek personel yang melakukan pengamanan sekaligus mengecek prokes yang tersedia di tempat wisata. Pengelola wajib mengarahkan pengunjung mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menyiapkan alat pengukur suhu tubuh.

Pengelola juga harus menyediakan pengeras suara untuk selalu memberi imbauan prokes. Selain itu, Andi juga menginstruksikan petugas untuk melakukan tindakan tegas namun humanis kepada pengunjung yang tidak mematuhi prokes.

"Pengunjung yang masuk di tempat wisata juga kami batasi 50 persen dari kapasitas maksimal, yang diperkirakan berjumlah 250 orang, dan hanya sampai pukul 14.00 Wita," kata dia.



(CIA)

Berita Lainnya