Simak 6 Tips Belanja Aman Kebutuhan Lebaran di Tengah Pandemi

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Masyarakat Indonesia mulai berbondong-bondong berbelanja kebutuhan makanan, minuman, dan busana jelang Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah. Kebiasaan berbelanja ini tak hilang meski saat ini Indonesia masih dilanda pandemi covid-19.

Sejumlah pemberitaan mengungkap orang-orang berkerumun untuk berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan dan mal. Kerumunan ini dapat memicu penularan covid-19.

Masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama berada di tempat umum. Mulai dari menjaga jarak, memakai masker, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

Tapi, prokes 3M tidaklah cukup. Ada sejumlah tips yang bisa kamu lakukan agar dapat berbelanja aman di tengah pandemi covid-19. Simak tips berikut ini.

1. Usahakan berbelanja online

Kamu bisa memilih untuk tetap berada di rumah dan berbelanja via online. Selain terhindar dari penyebaran covid-19, kamu juga bisa leluasa mencari kebutuhan tanpa perlu merasa capek.

Kalau kamu ke pusat perbelanjaan atau mal, kamu harus berjalan jauh bahkan memegang barang-barang yang berpotensi terpapar covid-19. Ada baiknya, kamu berdiam diri di rumah, berbelanja via online, dan menunggu paket kamu sampai di rumah.

Baca juga: Sakit Kepala Saat Puasa? Ini 5 Cara Atasinya!

2. Cari pusat perbelanjaan/mal taat protokol kesehatan

Kamu bisa saja pergi ke pusat perbelanjaan atau mal untuk berbelanja kebutuhan Lebaran tahun ini. Tapi, kamu harus melihat kondisi dan situasi di lapangan.

Apakah mal yang kamu kunjungi sudah menaati prokes? Adakah pengukur suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer, dan pembatasan kapasitas yang baik dari pengelola?

Jika iya, kamu tetap harus menjaga diri dan taat prokes. jika melihat salah satu toko ritel sudah penuh pengunjung, jangan memaksa untuk masuk dan membuat dirimu berpotensi terpapar covid-19.

3. Pergi berbelanja saat hari sibuk

Kamu bisa pergi berbelanja saat pusat perbelanjaan atau mal sepi pengunjung di hari-hari sibuk seperti Senin sampai Jumat. Biasanya, jumlah pengunjung di hari-hari sibuk tidak akan membludak seperti hari libur, Sabtu dan Minggu.

4. Siapkan healthy kit

Kamu harus mempersiapkan healthy kit pribadi kemanapun kamu pergi selama pandemi covid-19. Peralatan healthy kit berupa masker, tisu basah antiseptik, dan hand sanitizer.

Meski toko-toko menyediakan banyak hand sanitizer, akan lebih baik kamu menggunakan peralatan pribadimu. Sebab, hand sanitizer yang disediakan belum tentu tidak terpapar covid-19.

Selain itu, kamu dapat membersihkan titik-titik rawan di bilik ganti baju, gagang pintu, cermin, maupun barang yang akan kamu beli sebelum disentuh. Dengan begini, kamu akan meminimalisasi penularan covid-19.

Baca juga: Rayakan Lebaran di Rumah, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

5. Sanitasi barang belanjaan

Setelah kamu selesai berbelanja, ada baiknya kamu menyemprotkan cairan disinfektan maupun hand sanitizer ke barang belanjanmu. Kamu juga bisa menjemur pakaian yang kamu beli terlebih dahulu selama beberapa hari, sebelum dicuci.

Sanitasi ini diperlukan sebagai antisipasi barang yang kamu beli terpapar covid-19. Sebab, kamu enggak tahu berapa banyak orang yang sudah mencoba pakaian yang kamu beli, atau memegang barang belanjaanmu.

6. Hindari pembayaran tunai

Kamu bisa menggunakan fasilitas dompet online yang saat ini banyak digunakan, seperti Shopeepay, OVO, Gopay, Linkaja, dan Dana saat melakukan pembayaran di toko. Selain kamu mendapat potongan harga, kamu juga bisa terhindar dari covid-19.

Tapi tidak semua fasilitas dompet online menawarkan potongan harga, ya. Kamu harus pintar-pintar melihat toko yang kamu kunjungi menawarkan potongan harga saat menggunakan dompet online itu atau tidak.

Kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau debit agar tak perlu menyentuh lembaran uang. Sebab, uang tunai bisa meningkatkan kemungkinan penyebaran covid-19.



(CIA)