438 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Pilkades Serentak di Konawe Selatan

Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo bersama Forkopimda Konsel saat mengecek kesiapan personel gabungan untuk mengamankan pilkades serntak di Kabupaten Konsel. Antara/HO-Polres Konsel. Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo bersama Forkopimda Konsel saat mengecek kesiapan personel gabungan untuk mengamankan pilkades serntak di Kabupaten Konsel. Antara/HO-Polres Konsel.

Kendari: Kepolisian Resor Konawe Selatan (Konsel), Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), mengerahkan sebanyak 438 personel gabungan dari TNI-Polri dan Pemerintah Daerah Konsel untuk mengamankan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Konsel pada 24 September 2023.

"Ada dari Polres Konsel, Polda Sultra, TNI, dan satuan linmas (perlindungan masyarakat)," kata Kepala Polres Konawe Selatan AKBP Wisnu Wibowo, dikutip dari Antara, Sabtu, 23 September 2023.

Wisnu menyampaikan rincian personel yang akan mengamankan pilkades ini adalah 248 personel Polres Konsel, 100 personel bantuan kendali operasi (BKO) Dalmas Polda Sultra, 30 personel TNI, 30 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satuan Pol PP), dan 30 orang satuan linmas. Untuk memastikan keamanan pada saat pilkades, pihakanya akan menempatkan dua anggota Polri dan dua personel satuan linmas untuk satu  tempat pemungutan suara (TPS).

"Totalnya semua itu yang laksanakan pilkades ada 95 desa," jelas Wisnu.

Untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Wisnu berharap seluruh masyarakat dapat bersinergi dalam menciptakan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber Jurdil).

“Mari sama-sama ciptakan kondusivitas yang aman, kita jadikan pemilihan ini sebagai pesta demokrasi rakyat guna mencari pemimpin yang benar-benar amanah kepada rakyat,” ucap Wisnu.



(SUR)

Berita Lainnya