5 Cara Bijak Menyikapi Orang yang Sering Merendahkan Kita

5 cara bijak menyikapi orang yang sering merendahkan kita. Foto: Freepik 5 cara bijak menyikapi orang yang sering merendahkan kita. Foto: Freepik

Jakarta: Beberapa individu secara sadar atau tidak sadar sering kali mengusik dan mengganggu kehidupan orang lain. Mulai dari mencibir, menghina hingga merendahkan.

Tidak seorang pun senang diperlakukan lebih rendah dari orang lain. Bila Anda sering direndahkan, ada beberapa yang bisa dilakukan untuk menyikapi tipe orang seperti ini.

Dilansir dari Inibaru.id, berikut cara bijak menyikapi orang yang sering merendahkan kita:

1. Ladeni secukupnya

Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk meladeni mereka. Cukup beri respons biasa saja. Jika memungkinkan, jaga jarak atau jauhi sementara waktu. Ingat, waktu dan energi kamu terlalu berharga untuk dibuang meladeni orang yang hanya menguras energi positif.

Baca: Kenali 4 Bentuk KDRT dan Cara Menghadapinya

2. Hadirkan bukti

Saat Anda diremehkan karena dianggap tidak mampu melakukan sesuatu, buktikan dengan tindakan nyata bahwa Anda bisa melakukannya. Berikan bukti kalau Anda punya kemampuan untuk menyelesaikannya dengan baik. Mereka bakal mati kutu dengan sendirinya ketika diberi bukti yang tidak bisa dibantah.

3. Tampilkan diri yang bahagia

Tidak perlu muram atau tampak bersedih di depannya. Justru perlihatkan sisi diri yang lebih bahagia. Salah satu cara terbaik untuk membuat orang yang meremehkanmu "menderita" adalah menunjukkan kebahagiaan Anda di depan matanya. Lakukan apa saja yang bisa membuat Anda tetap bahagia di depannya.

4. Buat pencapaian baru

Bersinarlah dengan cara Anda sendiri melalui pencapaian baru. Dijamin, orang yang meremehkan nggak bisa berkutik dengan menjadi diri sendiri versi lebih baik. Mungkin awalnya motivasi untuk membuat pencapaian baru adalah karena tidak mau diremehkan, tapi Anda bakal menyadari bahwa ada harga diri yang mesti dijaga dengan baik.

Baca: Dampak Psikologis pada Korban Pemerkosaan Menurut Psikolog

5. Abaikan

Mengabaikan orang yang suka meremehkan tidak bisa dianggap gampang. Anda harus ikhlas ketika diremehkan. Tapi bisa jadi, orang yang senang merendahkan orang lain sebenarnya sedang bermasalah dengan dirinya sendiri sehingga Anda nggak harus meladeninya.



(UWA)

Berita Lainnya