Sedang Skripsi? Simak Tips Hadapi Sidang Online Ini

Ilustrasi Skripsi/Sumber:Masabas.com Ilustrasi Skripsi/Sumber:Masabas.com

Apakareba:  Pandemi covid-19 yang belum juga usai menyebabkan banyak hal terpaksa dilakukan secara daring. Fenomena ini membuat kita membutuhkan banyak penyesuaian baru, termasuk untuk sektor pendidikan di perguruan tinggi seperti saat melakukan sidang skripsi.

Rangkaian kegiatan skripsi mulai dari bimbingan hingga sidang turut berdampak. Untuk banyak mahasiswa tentu hal tersebut bukan perkara mudah. Ada berbagai penyesuaian yang perlu dilakukan mahasiswa.

Untuk mengatasi 'medan pertempuran' yang baru ini, Anda tidak perlu khawatir. tim Apakareba.id telah membuat tips untuk menghadapi sidang skripsi secara online. Dihimpun dari berbagai sumber berikut tips persiapan sidang skripsi online agar berjalan lancar.

1. Jangan menghafal naskah

Banyak dari mahasiswa yang akan menghadapi sidang skripsi menggunakan teknik menghafal. Walaupun tidak ada peraturan resmi terkait hal itu menurut peneliti bidang sosial humaniora Tirta Mursitama menyarankan untuk tidak melakukan hal tersebut.

"Akibat menghafal dan akhirnya lupa saat presentasi Anda cenderung akan kehilangan ide dan menjadi diam bahkan nge-blank saat presentasi," katanya dikutip dari video YouTube Tirta Mursitama, Selasa, 14 September 2021. Menurutnya, alih-alih menghafal saat materi sidang, lebih baik memahami poin-poin utamanya saja.

Baca juga: Kelamaan Duduk Kuliah Online, Gadis Ini Divonis Piriformis Syndrome

2. Hindari membaca presentasi

Dalam sidang skripsi Anda dituntut untuk mempresentasikan hasil penelitian Anda. Bukan untuk membacanya bahkan dari awal sampai akhir sidang.

"Kalau Anda membacakan. Anda hanya fokus pada bacaan di laptop Anda sehingga tidak interaktif, jadi jangan membaca," ujar Tirta. Dia memberikan solusi dengan cara mencatat poin-poin penting yang ingin dipresentasikan.

3. Pastikan internet dan listrik

Hal penting selanjutnya tentu saja memastikan jaringan internet dan listrik di rumah Anda lancar. Pastikan koneksi internet stabil selama sidang berlangsung agar kamu tidak perlu panik kala koneksi terputus.Bila perlu siapkan backup seperti hotspot dari ponsel.

Tidak hanya itu, pastikan pula rumah Anda terhindar dari pemadaman listrik bergilir saat sidang skripsi daring.

4. Koordinasi dengan orang rumah

Akibat dilakukan secara daring dari rumah Anda, aspek yang perlu Anda perhatikan adalah orang di rumah Anda. Sebelum sidang koordinasikan dengan keluarga, orang serumah, atau orang lain yang tinggal dengan Anda.

Jelaskan pada orang di rumah Anda jika Anda butuh ketenangan dan konsentrasi tinggi selama sidang skripsi. Hal baru ini juga menjadi cukup krusial, sebab kegiatan sekecil apapun dapat bisa memecah konsentrasi.

Itulah beberapa tips persiapan sidang skripsi online yang bisa Anda lakukan. Intinya, tetap tenang dan jangan panik, semoga bermanfaat.



(NAI)