Unik! Ini 5 Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia

Ilustrasi membatik. DOK Branda ANT/Arif Firmansyah Ilustrasi membatik. DOK Branda ANT/Arif Firmansyah

Jakarta: Perguruan tinggi di Indonesia punya sejumlah jurusan yang unik dan menarik. Jurusan tersebut biasanya berfokus pada kebudayaan yang tengah berkembang di Tanah Air dengan harapan dapat menghasilkan generasi penerus.

Bagi para calon mahasiswa yang merasa tidak cocok atau bosan dengan jurusan mainstream seperti Teknik, Kedokteran, Ekonomi, Hukum, atau lainnya, jurusan-jurusan unik ini patut dicoba, lho!

Merangkum laman Medcom.id, berikut lima jurusan unik yang hanya ada di perguruan tinggi di Indonesia: 

1. Teknologi Batik

Batik sudah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO pada 2009. Salah satu kota penghasil batik terbesar di Indonesia adalah Pekalongan, Jawa Tengah. Maka, tak aneh jika Universitas Pekalongan juga memiliki jurusan Teknologi Batik.

Jurusan yang diresmikan pada 2011 mempelajari semua hal tentang budaya batik. Mulai dari sejarah hingga teknik pembatikan. Lulusan jurusan Teknologi Batik diharapkan bisa melestarikan bahkan mengenalkan budaya batik ke kancah internasional.

Baca juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Berikut 4 Tips Persiapan Seleksi IISMA 2022

2. Tasawuf Psikoterapi

Jurusan ini menggabungkan dua disiplin ilmu untuk mengkaji masalah kejiwaan atau kesehatan mental, berupa tasawuf (sufisme) serta terapi psikologi. Melalui jurusan ini kesehatan mental akan dilihat dari sisi sains, medis, dan agama. 

Tasawuf mempelajari cara menyucikan jiwa serta menjernihkan akhlak dari sudut pandang agama. Sedangkan terapi psikologi mempelajari cara penyembuhan penyakit yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, juga perilaku. 

Perguruan tinggi yang menawarkan jurusan ini antara lain IAIN Imam Bonjol, UIN Syarif Hidayatullah, serta UIN Sunan Gunung Djati. 

3. Seni Karawitan

Mahasiswa jurusan Seni Karawitan akan mempelajari seni musik dari berbagai daerah di Indonesia. Jurusan ini juga mempelajari banyak instrumen musik tradisional seperti suling, kecapi, gamelan, serta teknik vokal tradisional seperti sinden. 

Institut Seni Indonesia, Universitas Kristen Satya Wacana, dan Universitas Negeri Yogyakarta adalah perguruan tinggi yang memiliki jurusan Seni Karawitan. Jurusan ini terbentuk sebagai usaha konservasi serta pelestarian budaya.

Baca juga: Baru Lulus Kuliah? Ini 3 Tips Jika Mau Bekerja di Perusahaan Unicorn

4. Tenaga Penyuluh Lapangan

Di jurusan ini mahasiswa akan diajarkan cara mengembangkan bisnis, menjadi wirausaha yang baik, serta melakukan pendamping di sektor Industri Kecil Menengah (IKM). 

Sebelumnya, jurusan ini hanya ada di Akademi Kimia Analisis Bogor setelah dibentuk oleh Kementerian Perindustrian pada 2007. Kini Anda bisa menemukannya di Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta, Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung, dan Akademi Teknik Industri Makassar

5. Seni Pedalangan

Seni Pedalangan secara khusus mempelajari seni pertunjukan wayang tradisional. Dimulai dari pakeliran (instrumen), alur cerita, dan penyesuaian nilai-nilai dalam pertunjukan dengan perkembangan zaman, juga berkarya dalam pertunjukan tersebut. 

Jurusan Seni Pedalangan bisa ditemukan di Institut Seni Indonesia, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Selain bekerja sebagai dalang dalam pertunjukan wayang, lulusannya dapat menjadi penulis naskah hingga pengamat seni.



(UWA)

Berita Lainnya