Daftar Tunggu Calon Jemaah Haji di Sulsel Capai 238 Ribu Orang

Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Solihin. Foto: Antara/Suriani Mappong Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Solihin. Foto: Antara/Suriani Mappong

Makassar: Daftar tunggu calon jemaah haji di Sulawesi Selatan mencapai 238 ribu orang. Panjangnya daftar tunggu calon jemaah haji salah satunya dipicu karena penundaan pemberangkatan akibat covid-19.

"Kalau daftar haji hari ini di Bantaeng, 45 tahun ke depan baru berangkat," kata Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Solihin, dilansir dari Antara, Rabu, 4 Mei 2022.

Pemerintah membatasi kuota jemaah haji di Sulawesi Selatan sebanyak 45 persen. Sehingga, Sulawesi Selatan hanya mendapatkan kuota sekitar 320 jemaah.

Pemprov Sulawesi Selatan terus berupaya mendapatkan tambahan kuota jemaah haji. Serta memprioritaskan daerah dengan daftar tunggu jemaah haji terbanyak.

Baca: Antisipasi Omicron, Sulsel Siapkan 1.700 Kamar Isolasi di Asrama Haji Makassar

Solihin mengatakan terkait panjangnya daftar tunggu jemaah haji itu akan menjadi prospek yang besar bagi biro perjalanan umroh untuk memberangkatkan calon jemaah haji. Biro perjalanan diharap mempersiapkan seluruh syarat dengan maksimal.

"Kami berharap harga tetap terjangkau, namun jangan di bawah harga minimal. Sehingga tidak ada jemaah yang terlantar di bandara karena persoalan visa atau paspor belum selesai," tutur Solihin.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi menutup pintu bagi jemaah haji dari luar negeri selama dua tahun akibat covid-19. Kini, penerimaan jemaah haji kembali dibuka meskipun kuotanya masih terbatas.



(UWA)

Berita Lainnya