Bayi Juga Bisa Alami Sembelit, Atasi dengan Khasiat Buah Plum!

(Jumlah jus plum yang bisa diberikan pada anak tergantung dari usia mereka. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) (Jumlah jus plum yang bisa diberikan pada anak tergantung dari usia mereka. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Apakareba: Konstipasi atau lebih akrab disebut sembelit merupakan kondisi sulit buang air besar. Hal ini bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk bayi. 

Bayi pun akan merasakan tidak nyaman saat terkena konstipasi sama halnya seperti orang dewasa. Juga, tidak semua obat konstipasi untuk orang dewasa dapat diberikan untuk mengatasinya pada bayi.

Dilansir dari Gaya.id, konstipasi pada bayi dapat diatasi dengan memberikan jus buah plum sebagai alternatif.

“Jus plum adalah cara yang bagus untuk mengatasi konstipasi pada bayi karena dapat membantu menarik cairan ke dalam usus, sehingga memudahkan buang air besar,” kata dokter anak Florencia Segura, Rabu, 20 Juli 2022.

 

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Khasiat Kulit Apel bagi Kesehatan Tubuh

 

Banyaknya jus plum yang dapat diberikan pada anak ditentukan tergantung usia mereka.

“Untuk bayi yang berusia lebih dari 4 bulan bisa diberikan sekitar 50 hingga 100 gram jus buah plum per harinya,” kata Ahli Hematologi-Onkologis Pediatrik, João Pedro Locatelli Cezar.

Namun, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum memberikan jus buah plum. Jika tidak memiliki jus buah plum, Cezar merekomendasikan jus lain yang mempunyai manfaat yang sama, yaitu jus apel atau pir.

Ahli Gastroenterologi, Steven Ciciora, merekomendasikan untuk memberikan jus buah plum pada bayi tidak lebih 50 gram karena bayi masih bergantung pada susu formula atau air susu ibu (ASI) untuk nutrisinya.

“Jika bayi masih mengalami konstipasi, cobalah untuk mengecek kondisi bayi Anda langsung ke dokter anak,” kata Segura.



(SUR)

Berita Lainnya