Pemprov Sulteng Berupaya Tingkatkan Literasi Kebencanaan Masyarakat lewat Lokakarya Inbox

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah I Nyoman Sriadijaya menyampaikan sambutan pada lokakarya literasi kebencanaan di Kota Palu, Selasa (14/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah I Nyoman Sriadijaya menyampaikan sambutan pada lokakarya literasi kebencanaan di Kota Palu, Selasa (14/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Palu: Untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, Pemerintah Sulawesi Tengah mengadakan lokakarya literasi kebencanaan yang diikuti jajaran pengurus daerah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah, I Nyoman Sriadijaya, menekankan pentingnya literasi tidak hanya dalam aspek baca tulis, tetapi juga sebagai alat untuk memahami masalah dan menemukan solusi. 

"Literasi bukan hanya sekedar untuk baca tulis saja, namun merupakan kemampuan untuk memahami suatu hal dalam rangka mendapatkan sebuah pemecahan masalah untuk hal itu," kata Sriadijaya  dilansir dari Antaranews.com, Selasa, 14 November 2023.

Ia juga mengemukakan pentingnya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman warga mengenai bencana dalam upaya memperkuat kemampuan warga menjalankan mitigasi.

"Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan kita dalam pengurangan risiko bencana alam dan menggunakannya sebagai langkah mitigasi secara cerdas," katanya.

Di waktu yang sama, Bunda Literasi Provinsi Sulawesi Tengah Vera Rompas Mastura juga menyampaikan dengan diadakannya kegiatan tersebut, masyarakat bisa siap siaga dalam menghadapi bencana nantinya.

"Saya berharap dengan kegiatan ini, para peserta dan masyarakat dapat lebih siap dalam menghadapi apabila terjadi bencana pada masa mendatang," kata Vera Rompas.



(SUR)

Berita Lainnya