Dinkes Luwu Timur Bersama KPA Gelar Penyuluhan Pencegahan HIV/AIDS di Kalangan Pelajar

Para siswa terlihat serius mendengarkan materi penyuluhan tentang bahaya HIV AIDS yang diadakan oleh Pemkab Lutim dan KPA.ANTARA/HO-PemkabĀ Lutim Para siswa terlihat serius mendengarkan materi penyuluhan tentang bahaya HIV AIDS yang diadakan oleh Pemkab Lutim dan KPA.ANTARA/HO-PemkabĀ Lutim

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu Timur menggaet Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dalam mengadakan Penyuluhan Pencegahan HIV/AIDS dan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, Zat Adiktif (Napza) di kalangan pelajar. Khususnya, siswa-siswi SMA di kabupaten setempat.

Kegiatan penyuluhan dimulai pada 18 Oktober 2022 di SMA Negeri 1 Luwu Timur. Kegiatan tersebut berlangsung sampai 24 Oktober 2022, yang diadakan di lima SMAN se-Kabupaten Luwu Timur.

“Kegiatan ini diharapkan siswa-siswi SMA se-Kabupaten Luwu Timur dapat mengenali dan mengetahui apa itu HIV dan AIDS, sehingga dapat mencegah agar terhindar dari penularan virus penyakit tersebut,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Andi Tulleng, dikutip dari Antara, Kamis, 20 Oktober 2022.

Ia menerangkan betapa pentingnya penyuluhan bahaya HIV/AIDS kepada para pelajar sebagai upaya pencegahan.

“Kasus HIV/AIDS di Luwu Timur per September sebanyak 131 kasus. Siswa-siswi diharapkan untuk tidak menyalahgunakan Napza,” jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa pencegahan bisa dilakukan dengan tidak merokok. Lantaran merokok ada zat nikotin yang membuat ketergantungan dan selalu mau mencoba.

“Jadi, kami berharap dengan adanya penyuluhan ini siswa dapat teredukasi dan menjauhi yang namanya merokok, karena merokok tidak baik bagi kesehatan,” tuturnya.

Pada kegiatan tersebut, tidak hanya dilakukan penyuluhan, KPA pun menyiapkan beberapa doorprize bagi para peserta penyuluhan.



(SUR)

Berita Lainnya