Hati-Hati! Sering Main HP saat Bangun Tidur Bisa Sebabkan 3 Hal Ini

Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com

Jakarta: Kehadiran smartphone memudahkan orang melakukan berbagai hal. Mulai dari berkomunikasi, bersosialisasi, hingga menikmati hiburan. Aktivitas penunjang pekerjaan atau pendidikan pun bisa dilakukan dengan ponsel pintar. 

Bentuk smartphone juga ringkas sehingga mudah dibawa kemanapun. Sayangnya, kemudahan yang ditawarkan smartphone justru jadi pemicu banyak orang kecanduan menggunakan smartphone. 

Sebagian orang bahkan langsung memainkan ponsel pintarnya saat bangun tidur. Jika aktivitas itu dilakukan dalam frekuensi sering nyatanya dapat menimbulkan dampak. 

Baca juga: Stop Main HP di Kamar Mandi Kalau Tak Ingin Ini Terjadi

Merangkum dari Medcom.id, berikut dampak dari mengakses smartphone saat bangun tidur:

1. Mudah stress

Menerima informasi secara berlebihan bisa menambah beban pikiran, sehingga akan memicu kecemasan sepanjang hari. Kecemasan tersebut akan berpotensi menyebabkan rasa lemas. Aktivitas pun menjadi terganggu. 

2. Menurunkan fokus

Bermain smartphone, apalagi untuk menjelajah media sosial dalam kondisi belum sepenuhnya sadar berpotensi menyebabkan pikiran terpecah. Kondisi ini bisa membuat Anda sering kehilangan fokus seharian. 

Baca juga: Jangan Main HP Terus! Berikut 8 Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan Tanpa Gawai

3. Penyebab tidak produktif

Bukan rahasia lagi jika menggunakan ponsel sembari berbaring di tempat tidur telah menjadi aktivitas favorit kebanyakan orang. Namun jika terus dituruti, Anda bisa menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk menjelajahi internet. 

Kegiatan tersebut tak jarang membuat pekerjaan yang lebih penting malah terbengkalai.



(SUR)

Berita Lainnya