Jangan Main HP Terus! Berikut 8 Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan Tanpa Gawai

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Apakareba: Saat ini, kita semua telah memasuki era digital. Pada era tersebut, seluruh kegiatan bisa dilakukan dengan cara yang lebih canggih dan hampir semua informasi dapat diakses dengan mudah. 

Dengan seiringnya waktu, perkembangan teknologi juga semakin pesat. Sampai-sampai sering kali kita merasa kesal ketika membeli handphone atau laptop, tetapi beberapa hari atau bulan kemudian sudah ada produk yang memiliki fitur lebih canggih. Dari situ kalian bisa mengetahui bahwa tidak ada batasan tertentu ketika kita berbicara mengenai teknologi.

Meski hidup kita lebih dipermudah dengan kehadiran teknologi yang terus berkembang, tetap saja ada dampak negatif yang diberikan. Lihat saja, hampir semua orang di sekitar kalian sangat sulit untuk melepaskan handphone dari genggamannya. Bahkan dalam beberapa kasus, seseorang akan merasa kehidupannya seolah ‘lumpuh’ ketika ponsel pintar miliknya mati.

Baca juga: 6 Tanda Hubungan Pernikahan Tak Bahagia, Salah Satunya Sudah Tak Saling Sentuh

Tak bisa dimungkiri, bermain gawai memang bisa membuat diri kita menjadi senang. Tetapi, bukan berarti sebagain besar hidup kalian harus dihabiskan di dunia digital. Ada baiknya kalian melestarikan kebiasaan lama yang dilakukan sebelum adanya teknologi secanggih sekarang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara bersenang-tenang tanpa gawai.

1. Membaca buku

Sebelum ada internet, orang akan pergi perpustakaan dan membaca buku untuk menambah ilmu pengetahuan. Berbeda dengan era digital saat ini, kita lebih memilih untuk asik bermain gawai atau membaca buku digital. 

Padahal, membaca buku yang dicetak lebih baik daripada membaca buku digital. Kenapa demikian? Buku cetak membuat pembacanya lebih hafal alur cerita ketimbang pembaca buku digital. Alasan kedua, buku cetak memiliki lembaran kertas yang lembut sehingga memberikan sensasi bahagia bagi pembaca. Hasil penelitian Harvard juga menunjukkan bahwa buku digital berdampak buruk bagi kesehatan lantaran bisa menganggu jadwal tidur seseorang.

2. Bermain dengan binatang peliharaan

Siapa di sini yang memiliki hewan peliharaan? Daripada bermain handphone, yuk manjakan hewan peliharaan kalian. Terkadang, kita asik menonton video hewan di media sosial tetapi lupa untuk mengajak bermain hewan peliharaan di kehidupan nyata. Cobalah untuk lebih sering bermain dengan hewan peliharaan di rumah. Penelitian juga telah membuktikan bahwa memiliki hewan peliharaan mampu menurunkan stres secara signifikan.

3. Berkebun

Punya perkarangan yang tampak gersang atau tidak terurus? Yuk, mulai mempercantik perkarangan rumah dengan berkebun. Selain memperindah halaman rumah, kegiatan berkebun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan mental seseorang. Dalam buku yang berjudul RHS Gardening for Mindfulness, Holly Farrel dari Royal Holticultural Society menyebutkan bahwa berkebun dapat memperbaiki kepercayaan diri, mengurangi stres, hingga mengurangi kelelahan.
 
Lalu, bagaimana kalau kita tidak memiliki cukup lahan untuk menanam? Jangan khawatir, kalian bisa memanfaatkan ruang-ruang yang tersedia. Seperti menggantungkan tanaman di pagar, menyusun pot secara vertikal, atau diletakkan di sudut ruang dalam rumah. 

4. Memasak

Hayo, siapa di sini yang gemar menonton orang yang sedang makan atau mukbang di media sosial? Menyaksikan video makanan memang memberikan kebahagiaan tersendiri untuk kita. Tetapi, akan lebih baik jika kalian sendiri yang memasak makanan itu.

Sebuah studi yang diunggah di Journal of Positive Psychology menunjukkan bahwa memasak dapat membuat hidup seseorang lebih bahagia. Selain itu, memasak juga bisa membantu seseorang untuk mengatasi kecemasan dan depresi. Jadi, mulailah melakukan hal kreatif di dapur ya teman-teman!

5. Belajar alat musik

Tidak semua orang memiliki bakat memainkan alat musik. Tetapi, bukan berarti kita tidak bisa mempelajari hal itu. Terlebih, belajar memainkan alat musik disebut dapat mengurangi stres. Kegiatan itu juga bisa membuat kalian semakin kreatif dan mendapatkan ide-ide baru. 

6. Olahraga

Kegiatan satu ini memang mudah untuk diucapkan, tetapi dibutuhkan niat yang kuat untuk benar-benar dilakukan. Di awal, kegiatan olahraga pastinya akan terasa berat. Namun bila dilakukan secara rutin, olahraga akan menjadi bagian dari gaya hidup kalian. Sebagai perawalan, lakukanlah olahraga ringan seperti lompat tali, yoga, naik turun tangga, hingga jogging

7. Bersih-bersih rumah

Saking asyiknya bermain dengan handphone seharian, kita sering kali tidak menyadari bahwa rumah yang kita tempati dalam keadaan yang tidak rapi. Lepaslah gawai dari genggaman kalian dan mulailah membereskan rumah. Apabila sedang lelah, kalian bisa memulai dari kamar kalian sendiri. 

Baca juga: Jangan Asal Pencet, Begini Etika Menggunakan Klakson saat Berkendara

Cek lemari kalian, apakah baju sudah terlipat dengan rapi. Perhatikan juga furnitur yang ada di dalam kamar, apakah ada debu yang menempel atau tidak. Jika dirasa belum bersih, yuk mulai bersihkan kamarmu! Apalagi dilansir dari Psychology Today, orang-orang yang tinggal di rumah bersih dan rapi memiliki peluang untuk hidup lebih sehat ketimbang rumah yang berantakan dan kotor.

8. Menjahit

Menjahit merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengasah keterampilan kalian di waktu senggang. Daripada memanggil tukang jahit untuk membenarkan baju yang robek atau kancing kemeja yang lepas, ada baiknya kalian menjahitnya sendiri. Tak hanya terbatas pada pakaian, kalian juga bisa berkreasi dengan membuat tote bag, sarung bantal, gantungan kunci, hingga celemek.



(SYI)

Berita Lainnya