Layanan Operasi Katarak Gratis Diselenggarakan di Kota Kendari

Dokter melakukan operasi katarak pada pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Abunawas, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. (ANTARA/Andry Denisah) Dokter melakukan operasi katarak pada pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Abunawas, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. (ANTARA/Andry Denisah)

Kendari: Layanan operasi katarak gratis diselenggarakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Program ini merupakan bentuk kerja sama Sentra Kreasi ATENSI Meohai dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia dan Rumah Sakit Umum Daerah Abunawas. 

Operasi katarak gratis tersebut sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2023. Pelaksanaan operasi katarak berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah Abunawas Kota Kendari.

Untuk layanan operasi katarak, dimulai pada tanggal 16-17 Desember 2023. Proses pendaftaran dilakukan dari 28 November hingga 11 Desember, sementara skrining dilakukan pada 12 Desember.

Fepi Rubianti, Kepala Sentra Meohai, menjelaskan bahwa peserta yang mendaftar tidak langsung dioperasi, melainkan melalui proses skrining pada 12 Desember. 

"Kemudian dilakukan observasi kembali oleh pihak dokter untuk memastikan apakah memenuhi syarat untuk dioperasi atau tidak," kata Kepala Sentra Meohai Fepi Rubianti dilansir dari Antaranews.com pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Dari 237 pendaftar, 124 orang diantaranya dinyatakan memenuhi syarat. Setelah dilakukan observasi ulang, hanya 72 orang yang dinilai layak menjalani operasi katarak. 

Fepi menekankan bahwa pelaksanaan operasi akan dilakukan secara bertahap, dengan memberikan prioritas kepada peserta yang lanjut usia untuk mengurangi waktu tunggu.

Fepi menegaskan pelayanan operasi katarak gratis akan terus dilakukan secara berkelanjutan. Harapannya, operasi ini membantu warga tidak mampu yang mengalami masalah penglihatan. 



(SUR)

Berita Lainnya