Tiga Kecamatan di Sulawesi Utara Siaga Kekeringan

Tiga Kecamatan di Sulut Siaga Kekeringan. Foto: Ilustrasi/Pixabay Tiga Kecamatan di Sulut Siaga Kekeringan. Foto: Ilustrasi/Pixabay

Manado: Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Sulawesi Utara (Sulut), Chandra Buana, mengungkapkan terdapat tiga kecamatan di provinsi tersebut masuk dalam kategori siaga kekeringan.

Tiga daerah daerah tersebut adalah Kecamatan Poigar (Kabupaten Bolaang Mongondow), Kecamatan Bunaken, dan Kecamatan Mapanget di Kota Manado. Ketiga daerah tersebut dinyatakan kekeringan karena lebih dari 31 hari tidak mendapatkan guyuran.

Selain itu, berdasarkan data berdasarkan data Stasiun Klimatologi terdapat lima daerah yang masuk kategori daerah waspada kekeringan karena tidak pernah diguyur hujan selama 21 hari, di antaranya Kecamatan Bolaang Timur dan Kecamatan Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), Kecamatan Tombariri (Kabupaten Minahasa, Kecamatan Tumpaan (Kabupaten Minahasa Selatan), dan Kecamatan Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara).

Chandra Buana mengatakan berdasarkan analisis hujan per tanggal 1 September 2023 delapan dari 10 zona musim di wilayah Sulawesi Utara telah musim kemarau. Data hari tanpa hujan (HTH) menunjukkan beberapa wilayah di provinsi ujung utara Sulawesi mengalami deret HTH beruntun lebih dari atau sama dengan 21 hari.

“Karena itu diperlukan kewaspadaan terkait ancaman bencana kekeringan” ujar Chandra Buana, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Sulut, dikutip dari Antara News, Selasa, 5 September 2023.



(SUR)

Berita Lainnya