Waspada Varian Mu, Jokowi Minta Menhub Segera Bentengi Indonesia

Presiden Joko Widodo. Youtube Sekretariat Presiden. Presiden Joko Widodo. Youtube Sekretariat Presiden.

Apakareba:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajaran menteri, terutama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mewaspadai varian Mu. Langkah ini diambil agar tidak meningkatkan kasus covid-19 di Indonesia.
 
"Mungkin Pak Menteri Perhubungan, yang berkaitan dengan varian baru, varian Mu, agar betul-betul lebih waspada dan detail. Jangan sampai ini merusak capaian yang kita lakukan," kata Jokowi dalam video yang diunggah Biro Pers Sekretariat Presiden, Selasa, 7 September 2021.
 
Melansir Medcom.id, Jokowi menambahkan jumlah kasus harian covid-19 selama tiga hari terakhir terus mengalami penurunan. Angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) secara nasional juga turun ke angka 20 persen.

Baca juga:  Pemerintah Diminta Mengubah Persepsi Soal Bahaya Varian Delta

Namun, dia mengingatkan jajaran tetap mengevaluasi menyeluruh perkembangan kasus covid-19 di daerah. Evaluasi penting agar kasus covid-19 segera ditangani dan penyebaran kasus dapat terus ditekan.
 
"Ini kalau kita terus lakukan pekerjaan kita secara konsisten, saya yakin insyaallah di akhir September kita sudah akan berada di angka di bawah 100 ribu (kasus)," ujarnya.
 
Presiden mendorong para menteri membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat agar tidak terjadi euforia berlebihan. Jokowi menekankan virus covid-19 bisa dikendalikan, namun tidak mungkin hilang sepenuhnya.
 
“Masyarakat harus sadar bahwa covid-19 selalu mengintip. Varian Delta selalu mengintip kita. Begitu lengah, bisa naik lagi,” kata Jokowi.



(NAI)

Berita Lainnya