7 Langkah Mudah Bersihkan Kasur Kapuk Bila Terkena Banjir

Ilustrasi: Freepik Ilustrasi: Freepik

Jakarta: Sebagian daerah Indonesia kerap terendam banjir saat musim hujan tiba. Banjir pasti membuat Anda pusing jika banyak peralatan rumah tangga tidak sempat terselamatkan, bahkan rusak.

Salah satu peralatan rumah tangga yang sering terendam banjir ialah kasur. Kasur yang terendam banjir tidak bisa langsung Anda gunakan karena kotor dan basah sehingga harus dibersihkan dahulu. Apalagi jika Anda menggunakan kasur kapur yang mudah menyerap air.

Baca: Sering Konsumsi Makanan Kemasan, Ini Bahayanya bagi Kesehatan

Dirangkum dari 99.co, berikut adalah cara membersihkan kasur kapuk yang terendam banjir.

1. Membersihkan permukaan kasur

Cara membersihkan kasur yang terkena banjir pertama adalah mencuci kotoran yang ada di permukaan kasur. Angkat matras kasur ke tempat yang lebih tinggi agar airnya bisa menetes keluar. Bersihkan lapisan kotoran di permukaan kasurmu.

Anda bisa membersihkan matras kasur menggunakan air bersih dan menyikat permukaan menggunakan detergen sampai kotorannya hilang. Setelah bersih, Anda bisa memiringkan kasur agar air yang ada di dalamnya bisa keluar.

2. Memastikan kasur tidak lembab

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memastikan kasur tidak lembab dan basah. Ini wajib diperhatikan agar jamur dan kotoran tidak tumbuh di kasur.

Anda bisa memastikan kasur tidak lembab dengan cara menggunakan penyedot debu basah untuk menyedot air di kasur.

Baca: Kenali Dampak Buruk Kecanduan Drakor bagi Mata dan Cara Mengatasinya

3. Menaburkan soda kue

Cara membersihkan kasur yang terkena banjir selanjutnya adalah menaburkan soda kue ke permukaan kasur. Soda kue atau baking soda berfungsi untuk menyerap kelembapan dan membuat kasur cepat kering.

Anda bisa menaburkan soda kue ke seluruh permukaan kasur dan gosok menggunakan spons kering. Tak hanya membuat kasur tidak lembab, bahan ini juga bisa mencegah kasur ditumbuhi jamur.

4. Menggunakan alkohol

Alkohol ternyata memiliki segudang manfaat bagi kebutuhan manusia. Salah satunya untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Pertama, campurkan larutan pembersih dengan satu cangkir air dan satu cangkir alkohol gosok atau isopropil alkohol. Selanjutnya, celupkan kain bersih ke cairan tersebut dan seka permukaan kasur.

Baca: 9 Kebiasaan Menjaga Kebersihan Anak yang Wajib Diajarkan Sejak Dini

5. Jemur dan keringkan kasur

Cara membersihkan kasur yang terkena banjir berikutnya adalah dengan menjemur dan mengeringkan kasur yang sudah bersih. Caranya, simpan kasur tepat di bawah sinar matahari sampai semua sisinya benar-benar kering.

Anda juga bisa menyimpan kasur di atas balok agar air yang menetes keluar tidak terserap lagi oleh kasur. Kasur yang dikeringkan di bawah sinar matahari ampuh membuat permukaan matras cepat kering.

Langkah ini juga mampu menyingkirkan bakteri dan bau tak sedap.

6. Gunakan disinfektan

Setelah kasur kering, jangan buru-buru memasukkan kasur ke dalam rumah. Beri cairan disinfektan untuk mencegah jamur dan kuman tumbuh di dalam kasur.

Sesudah kasur disemprot cairan disinfektan, jemur kembali kasur sampai kering maksimal.

Baca: Cuma 15 Menit! Begini Cara Mudah Bersihkan Dapur Berantakan

7. Memastikan kasur tidak bau

Jika Anda mencium bau apek pada kasur, kemungkinan besar kasur sudah ditumbuhi jamur. Atasi hal ini dengan memanggil jasa pembersih kasur agar kasur bisa dibersihkan dengan benar.

Namun, sebaiknya Anda membeli kasur baru untuk menghindari penyebaran penyakit jika kasur masih tetap bau meski sudah dibersihkan.



(UWA)

Berita Lainnya