Jokowi Resmi Luncurkan Vaksin Buatan Dalam Negeri, Indovac

 Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri, Gubernur Jawa Barat Kamil, serta Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir meluncurkan vaksin IndoVac di Kantor PT Bio Farma, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi) Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri, Gubernur Jawa Barat Kamil, serta Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir meluncurkan vaksin IndoVac di Kantor PT Bio Farma, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Vaksin covid-19 buatan dalam negeri yang diproduksi PT Bio Farma, IndoVac, resmi diluncurkan. Peresmian itu dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Kantor Pusat PT Bio Farma, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Kamis, 13 Oktober 2022. 

"Pada pagi hari ini saya luncurkan vaksin IndoVac produksi PT Bio Farma," kata Presiden Jokowi, dikutip dari Antara, Kamis, 13 Oktober 2022. 

Jokowi memastikan produksi vaksin itu diproduksi dari hulu ke hilir di Indonesia. Menurutnya, vaksin itu merupakan kerja keras dari sumber daya manusia (SDM) muda di Indonesia.

"Ini memakan waktu, IndoVac dari awal sampai sekarang 1,5 tahun, sudah diam enggak pernah bersuara, tahu-tahu jadi IndoVac," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan saat ini Bio Farma bisa memproduksi vaksin IndoVac dengan kapasitas 20 juta dosis. Sedangkan untuk tahun 2023 vaksin IndoVac bisa diproduksi dua kali lipat, sebanyak 40 juta dosis.

BACA: 400 Ribu Nakes Sudah Divaksin Booster Dosis Kedua



(SUR)

Berita Lainnya