Hampir Rampung, Ruas Jalan Minasatene Masuk Tahap Pengecoran

Para pekerja mulai fokus pengecoran Ruas Jalan Minasatene, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. ANTARA/HO-Pemprov Sulsel Para pekerja mulai fokus pengecoran Ruas Jalan Minasatene, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. ANTARA/HO-Pemprov Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, menuturkan rekonstruksi jalan ruas Pangkep-Matojeng-Tondongkura-batas Maros di Kabupaten Pangkep telah mencapai 56 persen. Progres rekonstruksi ruas Minasatene tersebut kini memasuki tahapan pengecoran badan jalan.

Tahun ini, Andi menerangkan, rencananya penanganan ruas itu dilakukan dengan pengaspalan dan pengerasan beton semen. Pengerjaan ruas itu menjadi salah satu fokus penting mengingat ruas itu termasuk kategori lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi dan rusak berat.

Selain itu, ada juga penanganan tahun ini sepanjang 4.350 kilometer dan lebar 7 meter. Penanganan ruas ini mendukung akses ruas Parigi-Bungoro.

“Ruas ini menghubungkan daerah terisolasi Bungoro, Kabupaten Pangkep, dengan Parigi, Kabupaten Bone, dengan harapan dapat membuka pintu ekonomi baru pada wilayah terdampak,” jelasnya, dikutip dari Antara, Senin, 26 September 2022.

Tidak hanya itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) juga fokus penanganan segmen panjang ruas Pinrang-Rappang-Pangkajene-batas Soppeng. Penanganan segmen panjang tersebut meliputi dua kabupaten, yaitu Pinrang dan Sidrap.

“Rp 54,3 miliar kontrak untuk long segment (segmen panjang) pada ruas Pinrang-Rappang pada Kabupaten Pinrang dan ruas batas Pinrang-Pangkajene-batas Soppeng pada Kabupaten Sidrap,” ujar Andi.



(SUR)

Berita Lainnya