Ini 5 Jurus Jitu Pemerintah Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Apakareba: Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, memastikan pemerintah berkomitmen mengantisipasi lonjakan kasus covid-19. Meskipun saat ini sejumlah pelonggaran telah dilakukan, seperti mengizinkan wisatawan asing ke Bali dan Kepulauan Riau.
 
“Pemerintah saat ini berupaya mempertahankan penanganan kasus covid-19 yang sedang terkendali,” kata Wiku, dikutip dari Medcom.id, Jumat, 15 Oktober 2021.

Demi mengantisipasi lonjakan kasus covid-19, terdapat lima jurus jitu yang dilakukan pemerintah.  “Strategi yang disusun diharapkan dapat menjadi dasar kebijakan yang efektif dan inklusif,” papar dia.

Pertama, menyusun strategi penanganan covid-19 lintas kementerian dan lembaga. Hal ini guna mencegah kenaikan kasus aktif menjelang libur Natal dan tahun baru.

Baca: 14 Oktober, 1.053 Kasus Covid-19 Terdeteksi dan 1.715 Pasien Sembuh

Kedua, mempercepat progres vaksinasi bagi kelompok lanjut usia (lansia) dan anak-anak. Terutama di wilayah aglomerasi dan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi.

Ketiga, menerapkan screening berlapis. “Pemerintah juga menerapkan screening berlapis terhadap pelaku perjalanan internasional,” ujar Wiku.

Keempat, memperketat pengawasan kegiatan masyarakat. Kemudian yang terakhir, memastikan pemerintah daerah (pemda) aktif mengedukasi warganya ihwal protokol kesehatan (prokes).

Wiku menuturkan, seluruh upaya tersebut akan maksimal bila masyarakat turut berpartisipasi. Caranya dengan mengikuti kebijakan pemerintah dan disiplin menerapkan prokes hingga ikut vaksinasi.
 
“Dengan demikian, peningkatan kasus dapat dicegah,” tutur dia.



(RAI)

Berita Lainnya