BMKG Perkirakan Sebagian Besar Wilayah Indonesia akan Dilanda Hujan Lebat

Hujan lebat berangin berpeluang terjadi di sejumlah provinsi (ANTARA) Hujan lebat berangin berpeluang terjadi di sejumlah provinsi (ANTARA)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan hujan lebat akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Di antaranya Sumatera, Jawa, Sulawesi, Papua, Maluku dan Kalimantan. 

Dikutip dari laman BMKG, Pada Kamis, 1 September 2022, sejumlah wilayah yang berpotensi terjadi hujan adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Aceh, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Jawa Barat, dan Yogyakarta. 

Sejumlah wilayah lainnya yaitu,Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga akan dilanda hujan. 

BMKG memperkirakan wilayah Sulawesi Tengah masuk dalam kategori hujan lebat seperti banjir. Sementara wilayah dengan kategori waspada diberikan kepada Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, Bengkulu, Jawa Barat, Banten, Bengkulu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua, dan Maluku Utara. 

Khusus di wilayah DKI Jakarta, yaitu Jakarta Selatan dan Jakarta Timur  akan terjadi hujan dengan intensitas sedang. Sementara, di Jakarta Barat hujan akan terjadi pada malam dan siang hari. Di Jakarta Pusat hujan terjadi pada siang hari, Jakarta Utara pada malam hari, dan Kepulaun seribu pada dini hari. 

Baca Juga: PPKM Jawa dan Bali Diperpanjang, Seluruh Wilayah Berada di PPKM Level 1



(UWA)

Berita Lainnya