Kunker, Presiden Tinjau Vaksinasi dan Meresmikan 2 Bendungan di Sulsel

Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Apakareba:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan ke Sulawesi Selatan guna meninjau vaksinasi massal dan meresmikan Bendungan Gilireng dan Paselloreng. Rombongan berangkat sekitar pukul 06.30 WIB, melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis, 9 September 2021.
 
Kunjungan kerja Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Setibanya di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Wajo.
 
Melansir Medcom.id, agenda pertama Jokowi, yakni meninjau vaksinasi covid-19 di SMA Negeri 3 Wajo. Vaksinasi ini diperuntukkan bagi para pelajar.

Setelahnya, Jokowi meresmikan Bendungan Gilireng dan Bendungan Paselloreng. Peresmian keduanya dipusatkan di Bendungan Paselloreng, Desa Arajang, Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo.

Baca juga: Waspada Varian Mu, Jokowi Minta Menhub Segera Bentengi Indonesia
 
Bendung Gilireng dikerjakan sejak 2018 dan akan dimanfaatkan untuk mengairi daerah irigasi Gilireng seluas 8.510 hektare. Bendung ini diharapkan dapat membantu petani meningkatkan intensitas tanamnya dari 112 persen menjadi 300 persen dengan pola tanam padi-padi-palawija.
 
Sementara itu, Bendungan Paselloreng dibangun sejak pertengahan 2015 dan akan mengairi lahan irigasi seluas 7.000 hektare. Kapasitas tampung maksimal bendungan yakni 138 juta meter kubik atau sembilan kali lebih besar dari Bendungan Raknamo dengan kapasitas 14 juta meter kubik yang diresmikan Jokowi pada awal 2018.
 
Kunjungan kerja (Kunker) Jokowi di Sulawesi Selatan akan diakhiri dengan memberi pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Sulawesi Selatan. Pengarahan bakal berlangsung di Hanggar Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin.



(NAI)