Jokowi Resmikan Bandara Toraja, Waktu Tempuh 9 Jam Jadi 50 Menit

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Toraja di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Toraja di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden

Apakareba: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Toraja yang berlokasi di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Peresmian itu dilakukan pada Kamis, 18 Maret 2021 siang yang dilanjutkan dengan pemukulan gendang dan penandatanganan prasasti. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Tak hanya Bandara Toraja, Jokowi juga meresmikan Bandara Pantar di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). “Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, pada pagi ini, Bandara Toraja di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, dan Bandara Pantar, di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, saya resmikan,” kata Jokowi dalam acara Peresmian Bandara Toraja dan Bandara Pantar yang disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, di Kabupaten Tana Toraja, Kamis, 18 Maret 2021.

Dengan hadirnya Bandara Toraja, kini masyarakat dari Makassar yang mau bepergian ke Tana Toraja dapat menempuh perjalanan yang lebih singkat, begitu pun sebaliknya. Tentunya, kondisi itu sangat mempermudah para wisatawan yang mau bepergian ke Tana Toraja. 

“Kita tahu biasanya masyarakat di sini kalau lewat darat mau ke Makassar butuh waktu 9 jam. Sekarang, tadi saya coba dengan (pesawat) ATR, (hanya) 50 menit,” ucapnya.

Artinya, mobilitas orang dan barang akan semakin efektif dan efisien. Diharapkan dengan adanya Bandara Toraja ini, konektivitas akan semakin baik. Jokowi juga meyakini parisiwata di Tana Toraja juga akan sangat berkembang.

“Pariwisata akan semakin berkembang. Nanti orang yang dari Makassar, Bali, Jakarta, maupun Bandung, bisa langsung ke Tana Toraja untuk melihat negeri di atas angin, ketekeso, dan pango-pango. Saya sendiri pernah ke sini sekali, tetapi belum melihat ini semua,” ujar Jokowi.


 



(SYI)

Berita Lainnya