Yuk! Tingkatkan Imunitas Agar Terhindar Covid-19

Ilustrasi olahraga menjaga kesehatan di tengah pandemi covid-19/Medcom.id Ilustrasi olahraga menjaga kesehatan di tengah pandemi covid-19/Medcom.id

Apakareba: Beberapa pekan terakhir, kasus covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Menyikapi hal tersebut, kita harus tetap tenang dan selalu waspada.
 
Pemerintah melalui Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 tak bosan-bosannya mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan 3M, yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Sebab, gerakan 3M diyakini bisa menjadi ‘tameng’ kita dalam melawan covid-19.

Tetapi, apakah kamu tahu? Sebenarnya ada jurus lain yang bisa membuat diri kita terhindar dari covid-19, yakni dengan meningkatkan sistem imun. Dilansir dari Naraya Health, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko terinfeksi covid-19.

1.Tidur yang cukup
Kamu harus memenuhi durasi jam tidur yang baik, yaitu tujuh sampai delapan jam. Kualitas tidur yang baik dapat membantu tubuhmu membangun sistem imun yang kuat. 
Kekurangan tidur bisa membuat dirimu merasa lelah dan merusak aktivitas otak. Selain itu, kekurangan tidur dapat mempengaruhi fungsi tubuh lainnya yang akan berdampak ke sistem imun.
 
2.Tetap terhidrasi
Pastikan dirimu tetap terhidrasi dengan meminum delapan sampai sepuluh gelas air setiap hari. Hidrasi akan membantu meluruhkan racun yang ada di tubuh sekaligus menurunkan risiko terjangkit flu.

3. Olahraga
Pola makan yang baik harus diikuti dengan olahraga yang rutin. Selalu ingat untuk berolahraga secara teratur untuk membuang racun dari tubuh. Olahraga dianjurkan dilakukan selama 30 hingga 45 menit, bergantung stamina masing-masing orang. 

Dengan hadirnya YouTube, kamu bisa mencoba beberapa olahraga yang bisa kamu ikuti instruksinya melalui video. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan metabolisme yang berkolerasi dengan kekebalan tubuh.

4. Jauhkan dirimu dari stres
Pandemi covid-19 memaksa kita untuk membatasi aktivitas di luar dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Tentunya, hal ini akan mempengaruhi kesehatan mental dan membuat orang menjadi stres.

Stres ini harus dihindari karena memiliki efek buruk pada sistem imun. Cobalah untuk merilekskan pikiran dengan melakukan aktivitas, seperti meditasi, yoga, hingga melakukan perjalanan ke alam bebas yang tidak berpotensi memantik kerumunan. 

5. Minum suplemen dan makan makanan bergizi
Selain tips-tips di atas, kamu bisa pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen yang dapat memperkuat sistem imun. Suplemen dapat berupa vitamin C, vitamin D, vitamin E, hingga zinc. Dengan mengonsumsi suplemen, kinerja sistem imun akan meningkat dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri, termasuk covid-19.
 
Selain itu, konsumsi makanan yang bergizi dan kaya antioksidan. Kandungan tersebut bisa kamu temukan pada sayur-sayuran, buah-buahan, dan tanaman herbal. Hal ini akan membantu tubuhmu ketika melawan radikal bebas. Sebab, radikal bebas dalam tubuh bisa menganggu kerja sistem imun dan mengakibatkan tubuhmu lebih mudah terinfeksi covid-19.

Nah, itu beberapa tips yang bisa kamu praktikkan untuk memperkuat daya tahan tubuh selama pandemi covid-19. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan mejaga jarak) juga ya teman-teman!



(SYI)

Berita Lainnya