Uji Coba Berhasil, Pembelajaran Tatap Muka di Sulut Dimulai Juli 2021

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Ada kabar baik nih bagi warga Sulawesi Utara. Pasalnya, satuan pendidikan di sana, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA sudah siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli 2021. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra optimistis PTM dapat berjalan dengan lancar usai pihaknya telah sukses melakukan uji coba selama tiga bulan terakhir.

"Puji tuhan uji coba PTM yang dilaksanakan di Sulawesi Utara berjalan dengan baik. Tidak ada info klaster covid-19 dari sekolah," kata Pengawas Ahli Utama Dinas Pendidikan Sulawesi Utara, Hermanus Bawuoh, saat menjadi salah satu narasumber dalam FGD PTM 2021 yang digelar Media Indonesia dengan tema Kesehatan dan keselamatan wilayah Sulawesi Indonesia melalui kanal YouTube Media Indonesia, Jumat, 18 Juni 2021, seperti dilansir dari Mediaindonesia.com.

Dirinya yakin PTM bisa berjalan dengan lancar dikarenakan tidak ada klaster sekolah yang muncul di wilayahnya. Untuk itu, ia yakin PTM yang direncanakan digelar pada Juli 2021 mendatang bisa dilakukan.

Baca juga: Matahari di Jeneponto Sulawesi Selatan Terbit di Utara, Kok Bisa?

"Yang pasti berdasarkan penyampaian Kepala Dinas Sulawesi Utara, sekolah yang bleh PTM harus dapat izin. Kami sudah siap melakukan PTM," tegasnya.   

Hermanus menjelaskan, saat ini sejatinya sudah ada beberapa sekolah yang melakukan PTM di Sulawesi Utara. Sekolah tersebut ialah SMA 3 Bitung, SMA 1 Bitung, SMA Negeri 1 Tahuna, SMA 3 Manado, SMA Tompaso, SMA Amurang, dan beberapa sekolah lain. 

"Nah, khusus SMA 3 Bitung dijadikan sekolah percontohan PTM karena menerapkan protokol kesehatan yang baik," ujarnya.

Dengan segala kesiapan yang ada, Hermanus percaya, sekolah di Sulawesi Utara bisa melakukan PTM sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pemerintah pusat.  Terlebih, lanjutnya, jumlah guru yang sudah menerima vaksin covid-19 di Sulawesi Utara hampir tuntas.  Untuk tahap 1 sudah 90% guru divaksin. Sedangkan tahap 2 sudah 75%.

"Untuk sisanya yang belum divaksin menyusul. Dengan tingkat vaksinasi yang begitu tinggi ini juga membuat semakin yakin bahwa PTM di Sulawesi Utara akan segera berjalan seutuhnya," ucapnya. (M Taufan SP Bustan)



(SYI)

Berita Lainnya