Pesan Suara WhatsApp Bisa Di-Preview? Begini Caranya!

Ilustrasi Whatsapp. Getty Images Ilustrasi Whatsapp. Getty Images

Apakareba: WhatsApp tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan pesan suara sebelum dikirim. Fitur ini tersedia di pembaruan versi WhatsApp beta untuk Android 2.21.12.7 dan sedang dikembangkan untuk perangkat iOS.

Fitur pesan suara sejatinya sudah tersedia, namun WhatsApp ingin meningkatkan penggunaan fitur tersebut. Biasanya, pesan suara yang direkam akan langsung terkirim kepada penerima.

Kini WhatsApp menambahkan pilihan tombol berhenti untuk ditinjau kembali. Fitur yang disediakan ini masih terbilang rumit prosesnya.

Pengguna yang telah selesai merekam suara diharuskan menutup aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Kemudian, pengguna harus membuka kembali aplikasi.

Nantinya, akan muncul tampilan peninjauan kembali pesan suara didekat tombol kirim. Pengguna bisa mendengarkan pesan suaranya sebelum dikirim. Tapi, cara ini masih rumit.

Baca juga: Intip Cara Mudah Sembunyikan Like di Postingan Instagram

Dilansir dari Livemint, informasi dari WABetaInfo, fitur yang tengah dikembangkan ini akan memungkinkan pengguna untuk mendengarkan pesan suara setiap kali menekan tombol berhenti.

Saat ini, pengguna diberi pilihan tombol batal kirim yang akan menghapus keseluruhan pesan suara. Fitur ini akan diubah menjadi tombol berhenti untuk ditinjau kembali.

Belum lama ini whatsApp memperkenalkan fitur baru yang dinamakan Fast Playback, penerima pesan suara dapat mengubah kecepatan pemutaran pesan. Fitur ini memungkinkan pengguna memutar pesan suara dengan kecepatan 1x, 1.5x, atau 2x tanpa mengubah nada pesan.

"Saat ini kami membutuhkan semua tip dan trik menghemat waktu yang dapat kami temukan. Inilah sebabnya mengapa pesan suara di WhatsApp adalah alat yang sangat berguna bagi orang yang kekurangan waktu, melakukan banyak tugas, memiliki teman atau keluarga di zona waktu berbeda," kata WhatsApp.

Fitur peninjauan kembali pesan suara masih terus dikembangkan. Diharapkan fitur ini akan segera diluncurkan secara resmi dalam waktu dekat. 



(CIA)