Intip Cara Mudah Sembunyikan Like di Postingan Instagram

Ilustrasi Handphone. Medcom.id. Ilustrasi Handphone. Medcom.id.

Apakareba: Media sosial khususnya Instagram kerap dipakai masyarakat Indonesia untuk mengunggah berbagai macam cerita dari foto dan video yang mereka bagikan. Cerita tersebut bahkan bisa menggambarkan perilaku, sifat, dan status sosial seseorang.

Tekanan untuk mendapat banyak pengikut dan berburu jumlah like menjadi sebuah kebiasaan. Sebuah penelitian dikutip dari the Verge menunjukkan, jumlah like di Instagram membuat pengguna merasa gelisah dan memberikan tekanan psikologis.

Mengakali itu, Instagram mengumumkan fitur terbaru yang diklaim bisa membuat platform media sosial menjadi tempat berekspresi tanpa tekanan dan ambisi berburu jumlah like. Instagram merilis fitur untuk menyembunyikan jumlah like di postingan Instagram pada akhir Mei 2021.

Baca juga: Kerap Memendam Emosi? Ini Dampaknya Bagi Kesehatan Fisik dan Mental!

Instagram ingin fitur terbaru itu bisa mendorong penggunanya tetap berekspresi tanpa harus tertekan oleh persaingan jumlah like. Instagram ingin platfom media sosial mereka membangun lingkungan yang sehat. Bukan malah membuat pengguna kecanduan terhadap perburuan jumlah like.
 
Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih untuk tak melihat jumlah like yang didapat dari konten yang ia bagikan. Meski begitu, pengguna masih bisa melihat siapa saja pengikut yang menyukai kontennya.   
 
Berikut ini panduan cara menyembunyikan jumlah like di postingan Instagram:
1. Buka aplikasi Instagram dan masuk ke halaman profil Instagram mu sendiri
2. Di halaman profil Instagram, klik ikon tiga garis yang ada di sudut kanan atas layar
3. Di menu yang muncul pilih Settings
4. Di halaman Settings yang disajikan selanjutnya pilih menu Privacy
5. Kemudian pilih menu Posts
6. Di bagian paling atas kamu akan menemukan tombol geser bertuliskan Hide Like and View Counts
7. Geser hingga tombolnya berubah warna menjadi biru, tandanya fitur ini sudah aktif.

Baca juga: Bahaya Penggunaan Earphone dan Cara Mengatasinya!

Dengan cara ini, kamu enggak akan lagi melihat jumlah like dan view di unggahan Instagram orang lain. Tapi kamu masih bisa melihat siapa saja yang menyukai atau menonton unggahan itu.

Kamu tinggal menekan teks Others di bagian bawah konten atau tempat biasa angka likes muncul. Kamu juga perlu mengaktifkan "Hide Like and Views Counts on This Post" di menu Advanced Settings saat mengunggah konten di Instagram mu.

Caranya mudah, kamu tinggal memilih konten apa yang ingin kamu ungguh. Kemudian, kamu akan sampai pada penulisan konten dibagian akhir penyuntingan kontenmu. Kamu akan melihat Advanced Settings di bagian paling bawah, ditekan.

Kemudian, kamu akan menemukan tombol geser untuk mengaktifkan "Hide Like and Views Counts on This Post". Kamu juga bisa mengatur banyak hal di sana selain menyembunyikan jumlah like. Selamat mencoba!   



(CIA)