Ngantuk Saat Puasa? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Ilustrasi/Pixabay Ilustrasi/Pixabay

Apakareba: Pernahkah kamu bertanya-tanya, saat kamu menjalani ibadah puasa Ramadan rasanya rasa kantuk terus saja menyerang? Bahkan, rasa kantuk ini mungkin bisa membuat kamu merasa lemas dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas.

Apalagi, konsentrasi kamu selama menjalani aktivitas juga berkurang dan sulit menyelesaikan masalah. Lantas, apa sih yang menyebabkan kamu merasa ngantuk saat puasa?

Melansir sehatq.com, mengantuk saat menjalani ibadah puasa disebabkan oleh perubahan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh yang menimbulkan efek serupa jet lag. Perubahan jam biologis tubuh ini terjadi akibat perubahan pola makan dan aktivitas yang dilakukan selama bulan Ramadan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa kantuk yang menyerang selama puasa? Berikut tips yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Perbanyak minum air putih

Normalnya setiap orang membutuhkan air putih sebanyak 2 liter atau delapan gelas per hari. Saat puasa, otomatis asupan air dalam tubuh berkurang karena kamu tidak dapat mengonsumsinya di siang hari.

Untuk menyiasatinya, kamu dapat mengonsumsi dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas selesai salat tarawih, serta dua gelas sebelum tidur.

Selain mampu melancarkan metabolisme tubuh, mengonsumsi cukup air putih mampu meningkatkan fokus saat melakukan aktivitas sehari-hari. Kamu juga akan terhindar dari rasa kantuk.

Dengan cara di atas, pasokan air dalam tubuh tidak akan kurang dan tercukupi baik pada siang hari saat kamu harus puasa. Rasa kantuk pun akan berkurang.

Baca juga: Sakit Kepala Saat Puasa? Ini 5 Cara Atasinya!

2. Durasi tidur yang cukup

Kamu harus bisa mengatur pola tidur kamu selama ibadah puasa. Pastikan kamu punya cukup waktu tidur sekitar 7-8 jam sehari.

Upayakan tidur lebih cepat dari biasanya atau selepas salat tarawih. Sehingga tubuh punya waktu cukup istirahat dan bis abangun sahur tanpa rasa malas.

Kamu bisa tidur malam sekitar 6-7 jam. Lalu sisanya, kamu bisa tidur siang atau sore hari untuk mencukupi durasi tidurmu.

Tapi harus diingat, tidur siang atau sore hari cukup dengan durasi 15-30 menit untuk mengatasi kantuk saat puasa. Jangan lupa atur alarm biar kamu bisa bangun dan enggak kebablasan, ya.

3. Hindari memegang gadget sebelum tidur

Kamu harus menjauhkan dirimu dari smartphone yang terus-terusan kamu pegang setiap hari. Sebab, kamu pasti bakal kecanduan melihat-lihat media sosial atau mencari informasi sebelum tidur.

Selain itu, cahaya lampu, layar televisi maupun gadgetmu dapat merusak siklus tidur, loh. Sebab, tubuhmu akan merepresentasikan cahaya tersebut sebagai cahaya matahari.

Alhasil, tubuhmu pun berpikir bahwa itu masih siang hari, sehingga tubuh akan tetap dalam kondisi bangun. Paparan cahaya juga dapat menekan hormon melatonin pada tubuh.

Hormon melatonin dibutuhkan untuk menjaga siklus bangun-tidur manusia. Jadi, upayakan untuk tidak menggunakan gadget, tablet, laptop, televisi atau menyalakan lampu setidaknya satu jam sebelum waktu tidur, ya.

Baca juga: Bahaya Kurang Tidur, Ini 5 Efeknya Pada Fungsi Otak

4. Lakukan peregangan sederhana

Orang cenderung mudah ngantuk karena kurang bergerak atau hanya duduk diam untuk waktu yang lama. Rasa lelah dan kantuk yang menyerang seperti ini bisa kamu atasi dengan melakukan peregangan sederhana.

Melakukan peregangan dapat melemaskan otot-otot kamu yang mulai kaku karena duduk kelamaan. Kamu juga bisa membuat tubuh bergerak seperti berjalan selama beberapa menit sembari menghirup udara segar.

Cara ini bisa bikin aliran darahmu jadi lancar dan meningkatkan asupan oksigen ke otak. Sehingga, kamu terhindar dari rasa kantuk, deh.

5. Mandi air dingin

Mandi air dingin bisa menjadi salah satu cara menghalau rasa kantuk. Kulit yang terkena air dingin akan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Air dingin juga dapat mencerahkan kulit dan mengurangi peradangan, loh. Mulailah dengan mengguyur wajahmu dengan air dingin beberapa kali sebelum mandi. Cara ini bisa meningkatkan fokusmu dan rasa kantuk juga jadi hilang, deh.

Itu lima tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari rasa kantuk selama puasa Ramadan. Puasa tinggal hitungan hari loh, semangat terus ya!



(CIA)

Berita Lainnya