Kalian Wajib Tahu! Berikut 6 Fitur Baru Whatsapp yang Akan Rilis pada 2021

(Ilustrasi/Getty Images) (Ilustrasi/Getty Images)

Apakareba: Beberapa pekan terakhir, Whatsapp terlihat sedang mengerjakan beberapa fitur baru. Beberapa fitur ini sedang dalam pengembangan, sementara yang lain dilaporkan sedang diuji dalam bentuk beta. Artinya, peluncuran beberpa fitur tersebut akan terjadi dalam waktu dekat.

Baru-baru ini, Whatsapp terlihat sedang menguji panggilan suara dan video untuk versi web dan desktop. Dipercaya, fitur-fitur baru ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna ketika menggunakan aplikasi perpesanan ini.  Dilansir dari beberapa sumber, berikut fitur-fitur baru Whatsapp yang sedang dikembangkan dan kemungkinan akan diluncurkan pada 2021.

1. Multi-device support


Melalui fitur ini, pengguna Whatsapp akan bisa log in ke beberapa perangkat secara bersamaan. Saat ini, Whatsapp hanya bisa digunakan pada dua perangkat sekaligus, yakni telepon dan desktop

Dengan fitur multi-device support, nantinya pengguna dimungkinkan untuk membuka Whatsapp pada empat perangkat sekaligus dengan satu akun. Dari situ dapat disimpulkan bahwa kalian bisa log in dari iPad, iPhone, hingga desktop secara bersamaan.

2. Menelepon melalui Whatsapp web dan aplikasi desktop


Bisa dibilang, fitur ini merupakan yang paling ditunggu oleh pengguna Whatsapp. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan panggilan suara dan video melalui Whatsapp web dan aplikasi desktop untuk Windows dan macOS. 

Nantinya, fitur itu akan bekerja dengan cara yang sama seperti pengiriman pesan dalam desktop. Artinya, ponsel kalian harus memiliki koneksi internet aktif apabila ingin menggunakan panggilan suara atau video dari web atau desktop.

3. Mute video


Ke depannya, pengguna Whatsapp dimungkinkan untuk menonaktifkan video sebelum mengirimnya ke kontak atau mengaturnya sebagai pembaruan status. Fitur ini masih dalam tahap pengembangan untuk pengguna Android pada tahap awal. Tidak menutup kemungkinan fitur ini juga akan dikembangkan untuk pengguna iPhone di masa mendatang.

4. Read later


Fitur read later atau baca nanti dikatakan sebagai versi pengembangan dari fitur obrolan yang diarsipkan (archieved chat) di Whatsapp. Saat obrolan dipindahkan ke mode read later, Whatsapp tidak akan mengirimkan notifikasi untuk obrolan itu. Pengguna bisa menunda pesan masuk dan mengizinkan pesan masuk di jam yang sudah dijadwalkan.

Di samping itu, fitur ini akan menyertakan mode libur (vacation mode) yang akan memastikan bahwa obrolan read later bekerja dengan cara yang sama seperti obrolan yang diarsipkan pada versi saat ini. Read later juga akan dilengkapi dengan tombol edit bagi pengguna untuk menyesuaikan pengaturan. 

5. Syarat ketentuan baru


Pada 8 Februari 2021, Whatsapp akan merilis syarat dan ketentuan baru. Hal ini diketahui melalui pemberitahuan dari pihak Whatsapp. 

Para pengguna diwajibkan untuk menyetujui syarat dan kebijakan privasi baru yang diluncurkan oleh Whatsapp. Jika para pengguna tidak menyetujuinya, aplikasi Whatsapp kemungkinan tidak bisa berfungsi dan akunnya tidak bisa digunakan.

6. Join missed group calls


Para pengguna Whatsapp dimungkinkan untuk bergabung dengan panggilan grup dan jika tidak dapat bergabung pada saat itu juga, pengguna dapat bergabung ketika membuka Whatsapp lagi. Syaratnya, panggilan grup itu belum ditutup. Fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan akan tersedia di pembaruan di masa mendatang. 



(SYI)

Berita Lainnya