Antisipasi Mudik, 4.327 Personel Sulawesi Selatan Disiagakan

Ilustrasi penjagaan Polri. Medcom.id Ilustrasi penjagaan Polri. Medcom.id

Apakareba: Polda Sulawesi Selatan menyiagakan ribuan personel di perbatasan daerah dalam rangka mengantisipasi mudik Lebaran 1442 Hijriah. Penjagaan berbarengan dengan operasi ketupat yang dimulai besok, 6 Mei 2021.
 
"Operasi ini melibatkan 4.327 personel Polri ditambah dengan pasukan TNI dan Pemda (pemerintah daerah)," kata Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Merdisyam, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 5 Mei 2021, melansir Medcom.id.
 
Para personel gabungan itu akan disebar di 48 pos pengamanan dan 27 pos pemantauan. Mereka akan melakukan pemeriksaan terhadap pengendara yang melewati kawasan perbatasan untuk mengantisipasi pemudik bandel.  

"Ada batasan yang boleh bepergian dan keluar masuk, misalnya orang yang kapasitas dinas atau pekerjaan yang dibutuhkan keseharian," ujar Merdisyam.

Baca juga: Sebanyak 42 Titik Penyekatan Didirikan di Sulsel untuk Antisipasi Pemudik

Tak hanya di daerah perbatasan, pengawasan juga dilakukan di area yang dapat menyebabkan kerumunan. "Kita perketat di tempat yang menjadi potensi terjadinya kerumunan, ataupun titik keramaian," tutur dia.

Ia juga mengatakan, operasi kali ini merupakan operasi pelayanan. Penegakan hukum adalah opsi terakhir. Merdisyam berharap masyarakat sadar diri.
 
"Kita mengimbau agar kesadaran masyarakat (untuk tak mudik)," kata dia. (Muhammad Syawaluddin)



(CIA)

Berita Lainnya