Pascalebaran, Pemeriksaan Swab di Bandara Sultan Hasanuddin Diperketat

ilustrasi swab. (Foto: AFP) ilustrasi swab. (Foto: AFP)

Apakareba: Libur Lebaran 2021 telah usai, tetapi bukan berarti pandemi covid-19 juga sudah berlalu. Demi mengantisipasi meluasnya penyebaran covid-19, Polres Maros, Sulawesi Selatan, mengetatkan pemeriksaan swab antigen bagi penumpang yang tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

"Pengamanan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat telegram Kapolda dan surat perintah Kapolres Maros perihal pelaksanaan swaber/swab antigen bagi pelaku perjalanan pascalebaran Idulfitri 1442 H/2021 M di wilayah Provinsi Sulsel," kata Kapolsek Bandara, Iptu Asep Widianto di Makassar, Selasa, 18 Mei 2021, seperti dilansir dari Antara.

Para penumpang yang tiba maupun berangkat di dan dari Bandara Sultan Hasanuddin harus menjalani swab terlebih dahulu. Jika sudah melewati pemeriksaan, barulah para penumpang diizinkan untuk pergi ataupun kembali ke kediaman masing-masing.

Baca juga: 3 Kapal Bawa Penumpang di Pelabuhan Rakyat Paotere Makassar Diputar Balik

Walaupun puncak hari libur panjang pascalebaran 2021 telah usai. Namun, pengawasan tetap dilakukan sepekan ke depan untuk mengantisipasi pelaku perjalanan, baik transportasi udara, laut, dan darat.

Hal ini dikarenakan semua masyarakat, khususnya yang baru tiba dari luar Sulsel harus menjalani pemeriksaan swab antigen sebelum kembali ke rumahnya masing-masing. Pengawasan tes swab antigen terhadap penumpang menjadi penting untuk mengantisipasi penyebaran covid-19.

Nantinya, bagi penumpang yang hasil tesnya reaktif akan diminta untuk melakukan karantina.  Selain itu, pengawasan dan pemantauan juga dilakukan kepada petugas yang melaksanakan pemeriksaan.



(SYI)

Berita Lainnya