Di Kampung Batman, Kotoran Kelelawar Bisa Datangkan Jodoh

Kelelawar bergelantung di ranting pohon (Foto: Unsplash) Kelelawar bergelantung di ranting pohon (Foto: Unsplash)

Apakareba: Di Sulawesi Selatan, terdapat kota unik yang dijuluki kota kalong atau kampungnya “Batman”. Kota itu adalah Watansoppeng, ibu kota Kabupaten Soppeng. Kota Watansoppeng berjarak kurang lebih 150 kilometer dari Kota Makassar.

Tentunya ada alasan menarik di balik kenapa Kota Watansoppeng dijuluki kampungnya “Batman”. Kalau biasanya kelelawar atau kalong berhabitat di tempat yang gelap seperti di gua dan hutan rindang, di Kota Watansoppeng kelelawar bisa ditemukan berkeliaran di tempat umum. Sejumlah pohon asam yang tersebar di sekitar pusat kota menjadi habitat bagi ribuan kelelawar di sana.

Tak lengkap rasanya kalau suatu hal yang unik tidak dibaluti dengan mitos yang melekat di masyarakat sekitar. Konon, pendatang atau wisatawan yang terkena kotoran kelelawar di sekitar pohon asam dipercaya akan mendapatkan jodoh orang Soppeng.

Selain itu, melansir dari situs soppeng.today, dahulu Raja Latemmala dipercayai membuat perjanjian dengan kelelawar. Isi dari perjanjian tersebut adalah kelelawar diizinkan untuk tinggal di pohon asam dengan syarat jangan memakan buah-buahan milik warga atau hasil pertanian masyarakat.

Raja juga meminta kelelawar untuk menjadi penanda apabila kelak ada musibah yang akan terjadi. Tanda yang diberikan oleh sang kelelawar adalah mereka akan menghilang dari pohon asam selama 24 jam. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa bersiap-siap dan mengantisipasi akan adanya bencana.

Jadi buat kalian yang sedang iseng ingin mencari jodoh dan memiliki rencana untuk berpergian ke Soppeng, jangan lupa untuk kunjungi kota kalong ya! Siapa tahu di sana kamu akan kejatuhan kotoran kelelawar dan berjodoh dengan orang Soppeng..



(SYI)

Berita Lainnya