Kalian Wajib Tahu! Ini Deretan Fakta Unik Indomie yang Jarang Diketahui

Ilustrasi-Pexels Ilustrasi-Pexels

Apakareba: Dunia kuliner Tanah Air berduka. Sosok peracik bumbu Indomie, Nunuk Nuraini, meninggal dunia di usia 59 tahun pada Rabu, 27 Januari 2021. Kepergiannya tentu membuat sedih masyarakat Indonesia, khususnya para pecinta Indomie.

Seluruh masyarakat Indonesia pasti mengenal Indomie. Bagaimana tidak? Hampir seluruh anak indekos pasti memakan mi instan itu, terutama saat tanggal tua. 

Harganya yang terjangkau dan rasanya yang lezat, membuat masyarakat Indonesia mengidolakan mi instan satu ini. Bahkan, kepopuleran Indomie juga sudah merembet ke kancah internasional.

Tetapi, apakah kamu tahu? Ternyata terdapat deretan fakta menarik tentang Indomie yang belum diketahui banyak orang lho. Dilansir dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta unik dari Indomie.

1. Sudah ada sejak 1970


Pasti kalian baru tahu kalau ternyata Indomie telah diproduksi sekitar 49 tahun lalu atau lebih tepatnya pada 9 September 1970 lho. Tetapi, mi instan tersebut baru mulai dipasarkan di Indonesia pada 1972 dan berlanjut sampai sekarang ini.

Tidak seperti saat ini, dahulu varian rasa Indomiea hanya ada dua. Dua varian rasa itu mungkin terdengar asing di telinga kalian, yakni Indomie rasa kuah sari ayam dan Indomie rasa sari udang. 

2. Jadi salah satu makanan pokok di Nigeria


Tak bisa dimungkiri, cita rasa Indomie yang sangat lezat dan nikmat membuat mayoritas orang yang mencicipinya pasti ketagihan. Tidak heran warga dari negara lain pun menjadikan produk mi instan ini sebagai salah satu makanan pokok dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti di Nigeria, warga di sana sangat menyukai Indomie dan menjadikannya sebagai salah satu kudapan. Dengan meningkatnya harga makanan pokok, seperti beras, Indomie menjadi alternatif bagi sebagian besar warga Nigeria untuk mengisi perutnya. Mereka menganggap Indomie sebagai paket lengkap tanpa perlu ditambahkan lauk lagi.

3. Diklaim milik negara lain


Sudah jelas Indomie berasal dari Indonesia, namanya saja sudah menggambarkan hal itu. Tetapi, apakah kamu tahu? Tidak hanya budaya Indonesia yang pernah diklaim oleh negara lain, Indomie pun pernah diklaim oleh negara tetangga. 

Mungkin Malaysia langsung mencuat di benak kalian ketika membaca ini, namun kalian salah besar. Negara yang pernah mengakui Indomie sebagai produknya adalah Nigeria. Warga Nigeria memang diketahui sangat menyukai Indomie. Alasannya, karena harganya murah, rasanya juga lezat, serta cara memasaknya yang mudah.

4. Pernah pecahkan rekor dunia


Siapa sangka? Ternyata Indomie pernah memecahkan rekor dunia dalam Guiness Book of World Records pada 2005 lho. Mi instan asal Indonesia ini memecahkan rekor dunia untuk kategori ‘Paket Terbesar Mi Instan’. Saat itu, Indomie membuat paket mi instan dengan ukuran 3,4 x 2,355 x 0,47 meter dengan berat bersih mencapai 664,938 kilogram. Berat ini setara dengan 8.000 kali berat standa sebuah paket mi instan.

5. Kritikus film asal AS merekomendasikan Indomie sebagai hadiah Natal


Roger Ebert yang dikenal sebagai salah seorang kritikus film bepengaruh di AS oleh majalah Forbes mengaku suka dengan Indomie. Dalam blog yang ia unggah pada 13 Desember 2009, Roger merekomendasikan Indomie dalam daftar hadiah natal favorit bagi dirinya.

“Saya menyusunnya dari yang paling mahal sampai yang paling murah,” tulis Ebert.

Ebert mencantumkan paket lima bungkus Indomie goreng ke peringkat bawah dari 12 daftar hadiah Natal favorit pada 2009 versinya. Artinya, ini kado favoritnya yang paling murah.
 



(SYI)

Berita Lainnya