Bahaya Air Rebusan Mi Instan Mengandung Lilin? Ini Faktanya

Ilustrasi Rebusan Mi/Sumber: Suksesjayamlg.com Ilustrasi Rebusan Mi/Sumber: Suksesjayamlg.com

Apakareba:  Banyak ditemui informasi di media sosial maupun pesan berantai yang menyebut air rebusan mi instan berbahaya dan tidak boleh dikonsumsi. Pesan tersebut menyarankan untuk kita membuang air dari rebusan mi tersebut.

Hal tersebut lantaran air rebusan mi dinilai mengandung lilin di dalam mi yang larut dalam air rebusan ketika dimasak.

Namun, desas-desus ini ternyata tidak benar. Kementerian Komunikasi dan Informatika telah membantah informasi tersebut dan digolongkan sebagai disinformasi.

Dilansir dari laman resminya kominfo.go.id, faktanya menurut beberapa ahli mengganti rebusan mi instan tidak diperlukan, sebab dalam mi instan terdapat beberapa vitamin.

Salah satunya yakni asam folat yang terkandung di dalam tepung terigu baik untuk tubuh, dan asam folat tersebut larut dalam air, sehingga apabila air rebusan dibuang, asam folat tersebut akan ikut terbuang.

Baca juga: Hindari Ranjau Paku! Ini Tips Mencegahnya

Kemudian untuk isu kandungan lilin dalam mi instan juga sama sekali tidak benar. Hal ini dikemukakan oleh seorang nutrisionis, Jansen Ongko. Menurutnya, mi instan yang beredar di masyarakat menggunakan teknik lain yang dapat membuat mi tetap awet dan kering, namun mengembang saat dimasak.

Maka dari itu, air rebusan mi tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Hanya saja, jika mengganti air rebusan mi instan dengan kuah baru dapat mengurangi kadar lemaknya.

Nah, itulah fakta dari air rebusan mi instan. Jadi tidak perlu khawatir lagi kalau ingin mengonsumsi air rebusannya, Semoga bermanfaat.



(NAI)

Berita Lainnya