Tahun Ini, Program Mudik Gratis di Sulteng Ditiadakan

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Biasanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengadakan program mudik gratis seminggu sebelum Hari Raya Idulfitri. Namun, khusus tahun ini, program tersebut mesti dibatalkan melanjuti kebijakan pemerintah yang melarang mudik Lebaran 2021.

"Karena bertentangan dengan surat edaran maka secara otomatis program mudik gratis tahunan itu dibatalkan," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Sulteng, Sumarno, Jumat, 7 Mei 2021, seperti dilansir dari Mediaindonesia.com

Berdasarkan kebijakan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pusat, maka program mudik gratis harus dibatalkan. Pembatalan ini juga ditindaklanjuti dengan surat edaran Gubernur Sulteng, Longki Djanggola nomor: 550/369/Dis.hub tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Idul Fitri dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Baca juga: Awalnya Diperbolehkan, Kini Mudik di Wilayah Aglomerasi Juga Dilarang

Menurut Sumarno, pembukaan pendaftaran mudik gratis yang sempat direncanakan awal Mei 2021 telah dibatalkan. Adapun larangan mudik mulai berlaku sejak 6 hingga 17 Mei 2021. Sebelumnya, Dishub Sulteng, belum bisa mengambil keputusan karena harus terlebih dahulu menghadap kepada gubernur.

Sumarno menambahkan, Pemprov Sulteng melalui Dishub sempat memprogram mudik gratis 2021 setelah ditiadakan pada 2020 karena mengamati situasi pandemi korona yang mulai menurun di daerah ini.   

Selain itu, meningkatnya kesadaran dan ketaatan masyarakat menerapkan protokol kesehatan menjadi pertimbangan utama. "Karena sudah menurun kasusnya dan sudah ada vaksin makanya sempat diagendakan. Meski begitu pemerintah pusat ternyata melarang adanya aktivitas mudik,” tutupnya. (M Taufan SP Bustan)
 



(SYI)

Berita Lainnya