Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Soppeng Jadi Prioritas Pemprov Sulsel

Ilustrasi. FOTO: MI/ANGGA YUNIAR Ilustrasi. FOTO: MI/ANGGA YUNIAR

Apakareba: Kabupaten Soppeng baru saja merayakan hari jadinya ke-760 pada Selasa, 23 Maret 2021. Perayaan hari jadi tersebut digelar di Kantor DPRD Soppeng. Seperti halnya orang yang berbahagia di hari ulang tahunnya, Kabupaten Soppeng pun mendapatkan kabar gembira dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel). Pasalnya, pembangunan infrastruktur di Kabupaten Soppeng menjadi salah satu prioritas Pemprov Sulsel. 

"Beberapa proyek pembangunan dilakukan Pemprov Sulsel di Kabupaten Soppeng sebagai bukti perhatian pemerataan pembangunan," kata Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Selasa, 23 Maret 2021, seperti dilansir dari Sulselprov.go.id.

Pemerataan pembangunan yang dimaksud mulai dari infrastruktur jalan hingga pertanian. Dalam mendukung infrastruktur pertanian di Kabupaten Soppeng, Pemprov Sulsel akan melakukan normalisasi sekitar 9 kilometer saluran pembuang Sungai Pacellu Cabenge di Kecamatan Lilirilau. 

Kemudian, rehabilitasi daerah irigasi leworeng menggunakan anggaran IPDMIP. Rehabilitasi itu terdiri atas rehabilitasi Bendung Utama Leworeng, Bendung Suplesi To'dang Salo, Bendung Suplesi Lamangiso dan saluran sekunder, serta rehabilitasi Bendung Latenreng.

Sementara, untuk infrastruktur jalan, Pemprov Sulsel akan meningkatkan kapasitas struktur jalan ruas Soppeng batas Sidrap di Desa Batu-Batu, Kecamatan Marioriawa, sepanjang 3,1 kilometer yang telah rampung. Lalu, pembangunan jalan ruas Soppeng batas Sidrap dalam status on progress yang terbagi dalam tiga segmen, yakni segmen satu di Desa Pesse, Kecamatan Donri-Donri, memasuki pemasangan talud dan lapisan pengerasan; Segmen dua di Kelurahan Manorang Salo, Kecamatan Marioriawa, memasuki pengaspalan lapis pertama; dan Segmen tiga di Desa Laringgi, Kecamatan Marioriawa, memasuki tahap pengaspalan lapisan kedua.

Andi juga menjelaskan beberapa pembangunan irigasi yang sempat terkendala kini sudah dapat berfungsi dan dinikmati oleh masyarakat. Dengan adanya irigasi yang baik, maka hal itu sangat membantu masyarakat dalam proses pengairan di sawah-sawah petani. 

"Sekitar Rp17,5 miliar dana kita peruntukkan untuk pembangunan irigasi. Serta sekitar Rp34 miliar dana kita peruntukkan dalam pembangunan ruas jalan di Kabupaten Soppeng," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Andi juga menegaskan Kabupaten Soppeng akan terus meningkatkan sinergitas bersama Pemprov Sulsel. "760 tahun Kabupaten Soppeng semoga terus berjaya dan bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan," ujar Andi.



(SYI)

Berita Lainnya