Ratusan Rumah Diterjang Banjir di Luwu Utara, 1.064 Jiwa Terdampak

Petugas BPBD Luwu Utara tengah memantau kondisi warga yang terdampak banjir di Desa Lembang-lembang, Kecamatan Baebunta, Luwu Utara. dok/BPBD Luwu Utara Petugas BPBD Luwu Utara tengah memantau kondisi warga yang terdampak banjir di Desa Lembang-lembang, Kecamatan Baebunta, Luwu Utara. dok/BPBD Luwu Utara

Apakareba: Banjir kembali melanda empat dusun di Desa Lembang-lembang, Kecamatan Baebunta Selatan, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, sejak 16 Mei 2021. Empat dusun yang dimaksud, yakni Kaluku Bulawan, Dadeko, Bala Kajang, dan Suka Makmur. 

Akibatnya, 322 rumah yang ditempati 1.064 jiwa di keempat desa itu terendam banjir. Ketinggian banjir diperkirakan sekitar 40 hingga 100 sentimeter.

Banjir tidak hanya merendam pemukiman warga. Tetapi, lahan pertanian, sawah, rumah ibadah, kantor desa, dan sekolah pun ikut terdampak. 

"Banjir terjadi akibat tingginya curah hujan sehingga debit air Sungai Rongkong meningkat, serta terjadinya pendangkalan sungai pasca banjir bandang," kata Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, melansir Mediaindonesia.com, Kamis, 20 Mei 2021.

Pihaknya menyalurkan bantuan berupa beras beserta paket sembako siaga darurat yang berisi bahan makanan beserta sarung, selimut dan popok bayi.
 
"Kita juga terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi dan BPBD Kabupaten Lutra untuk memastikan kebutuhan pascabanjir di sana," lanjut Sudirman.
 
Dia berharap banjir bisa segera surut. Serta mengimbau masyarakat untuk waspada cuaca saat ini yang memasuki musim penghujan di beberapa wilayah. Sebelumnya juga, BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini curah hujan tinggi di sejumlah daerah di Sulsel. (Lina Herlina)



(SYI)

Berita Lainnya