Sering Merasa Lemas saat Puasa Ramadan saat Pandemi? Intip 4 Tips ini!

Ilustrasi puasa dan sahur.Pexels Ilustrasi puasa dan sahur.Pexels

Apakareba: Menjalani berbagai macam aktivitas saat puasa Ramadan selama pandemi covid-19 memang menjadi tantangan tersendiri bagi umat muslim. Kita harus menjaga tubuh agar tetap sehat sekaligus menahan rasa lapar dan dahaga. 

Berpuasa di masa-masa sulit ini tetap harus dijalani dengan semangat dan tetap produktif. Lalu bagaimana sih cara agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa pada masa pandemi? Intip empat tips ini dikutip dari berbagai sumber.

1. Perhatikan asupan makanan saat sahur dan buka puasa

Ketika kamu sedang sahur dan berbuka puasa artinya kamu mengisi kembali energi. Bukan berarti porsi makan yang kamu ambil harus berlebihan. 

Makanlah secukupnya dengan tetap memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang kamu makan saat sahur harus mengandung karbohidrat, protein, dan serat. 

Ketiga hal tersebut dapat membantu kamu menahan rasa lapar tanpa harus makan berlebihan. Perbanyak juga mengonsumsi sayur dan buah selama puasa Ramadan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Baca juga: Puasa Malah Bikin Gemuk? Ini Alasannya!

2. Jangan lupakan air putih

Kamu punya dua kali kesempatan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama Ramadan di tengah pandemi covid-19 ini. Yakni saat sahur dan berbuka puasa. 

Cobalah untuk memenuhi asupan air putih dalam tubuh agar tetap terhindrasi dan sehat selama puasa. Usahakan minum 2 liter air putih saat jam sahur, buka puasa atau malam hari setelah tarawih. 

Dijamin badan kamu tidak akan lemas dan tetap bugar selama menjalani puasa. Sebab, kandungan air dalam tubuh cukup. 

3. Melakukan olahraga ringan

Berolahraga menjadi aktivitas yang wajib kamu lakukan selama berpuasa. Pilih jenis olahraga yang tidak terlalu berat, seperti jalan kaki, yoga, atau sekadar melakukan pekerjaan rumah. 

Berolahraga adalah kunci agar tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Kamu dapat meluangkan waktu 30 menit sesudah buka puasa untuk berolahraga. 

Baca juga: 8 Tips Bangun Sahur Tepat Waktu dan Praktis

4. Jaga pola tidur

Selama berpuasa, tidur yang cukup antara 7-8 jam sehari sangat diperlukan. Kalau kamu kurang tidur, badan akan terasa lemas saat beraktivitas sehari-hari. 

Cobalah untuk mengatur waktu tidur 7-8 jam sebelum sahur. Dari kebiasaan tidur sampai pukul 23.00 WIB, bisa kamu ubah menjadi pukul 21.00 WIB. 

Kamu juga bisa menjadwalkan tidur siang secara teratur selama puasa. Waktu tidur siang cukup 15-30 menit untuk membuat tubuh kamu lebih bugar. 

Itu dia tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa Ramadan 2021. Semoga bermanfaat!



(CIA)

Berita Lainnya