Suka Menangis Tanpa Alasan? Mungkin Kamu Lelah Secara Mental dan Emosional

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Apakareba: Kehidupan merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh Sang Pencipta untuk kita semua. Dalam menjalani kehidupan, kita selalu dipertemukan dengan hal-hal yang tak terduga. Rasanya seperti ada tangan tak terlihat yang selalu mengarahkan kita selama hidup di dunia.

Tak dapat dimungkiri, terkadang hidup terasa begitu berat dan rumit. Tetapi, sering kali juga kita merasakan manis dan indahnya kehidupan. Itulah mengapa orang-orang selalu mengibaratkan kehidupan seperti roller coaster. Karena, tidak selalu kita berada di posisi teratas dalam berkehidupan. Ada kalanya, kita jatuh dan terpuruk hingga merasa sulit sekali untuk bangkit.

Ada waktunya seseorang merasa lelah ketika ia menjalani kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari, banyak orang yang sebenarnya mengalami kelelahan secara mental dan emosional, bukannya secara fisik. Dilansir dari IDSMED, apabila kalian mengalami tanda-tanda berikut, maka kemungkinan kalian sedang lelah secara mental maupun emosional:

1. Mudah tersinggung

Tanda pertama, yaitu kalian mudah sekali tersinggung akan hal-hal negatif yang ada di sekitar kalian. Kalian akan mudah marah atau kesal meski hanya dipengaruhi oleh hal-hal terkecil yang menganggu kalian. 

Seiring waktu, kalian akan merasa putus asa. Kurangnya kekuatan dan ketidakmampuan juga membuat kalian merasa semakin kesal. Kondisi itu pun akhirnya akan berdampak kepada orang-orang terdekat kalian. Karena, kalian akan melampiaskan rasa frustasi tersebut kepada mereka yang sebenarnya tidak pantas mendapatkan perlakuan seperti itu.

2. Kurang motivasi 

Kalian selalu merasa bahwa sesuatu yang buruk akan menimpa di kemudia hari. Kalian juga merasa tidak mampu menyelesaikan pekerjaan. Kurangnya rasa percaya diri itu dapat membuat kalian kehilangan motivasi untuk melanjutkan hidup. 

Cita-cita yang pernah memotivasi kalian untuk bekerja keras tidaklah cukup. Kondisi ini akhirnya membuat kalian merasa kesulitan dalam menyelesaikan berbagai tugas, baik di tempat kerja maupun sekolah. Kalau pun kalian berhasil menyelesaikannya, pastinya kalian tidak menyelesaikannya tepat waktu.

Alahasil, tugas-tugas itu akan menumpuk dan membuat kalian menjadi lebih sering menunda-nunda. Akibatnya, performa kalian sangatlah kurang dan berujung pada kegagalan. 

3. Alami serangan kecemasan

Kalian akan merasa semakin stres dari biasanya ketika kalian mengalami kelelahan yeng berlebihan. Serangan kecemasan pun akan menjadi rutinitas sehari-hari. Tak hanya itu, kalian juga akan merasa cemas terhadap hal-hal kecil serta mudah merasa khawatir tanpa alasan.

4. Tidak bisa tidur nyenyak

Sering mengalami susah tidur? Kemungkinan perasaan lelah yang luar biasa selalu menyelimuti tubuh kalian. Sehingga, kalian sulit untuk menenangkan pikiran dan tertidur.

Selain itu, pernahkan kalian merasa sangat lelah sepanjang waktu, sampai-sampai satu-satunya hal yang ingin dilakukan hanyalah tidur? Hal itu dikarenakan pikiran kalian berpacu dengan kecepatan tinggi dan kalian tidak bisa menghentikannya. 

Kalau pun kalian mulai tertidur, kekhawatiran yang selalu muncul nantinya akan menganggu dan membuat kalian tetap terjaga. Akibatnya, kalian tidak bisa mendapatkan waktu istirahat yang semestinya.

5. Menangis tanpa alasan

Apabila kalian sedang berada pada di titik ketika pasta gigi kalian jatuh dari sikat gigi di pagi hari sudah cukup untuk membuat kalian menangis, tandanya kalian sedang dalam kondisi yang sama sekali tidak baik. Kelelahan yang dialami, baik secara fisik maupun mental, dapat membuat kita kehilangan banyak kekuatan untuk menghadapi situasi yang menantang. Tak hanya itu, stres juga akan meningkat secara teratur per harinya.

6. Merasa pusing dan mual

Rasa mual dan pusing merupakan salah satu respons tubuh yang mendandakan bahwa kalian memerlukan istirahat. Stres yang kalian alami, membuat tubuh kalian merasa tak tahan lagi dan mengalami gangguan.

Setiap kali seseorang mengalami gangguan mental, kondisi ini secara alami juga terwujud secara fisik. Hal ini terjadi terutama bagi tipe orang yang ketika stres secara tidak sadar mengencangkan otot untuk menahan apa pun yang menyakiti dirinya.


 



(SYI)

Berita Lainnya