Indonesia Targetkan Masuk 10 Besar Olimpiade 2032

Menpora Zainudin Amali. (Foto: Humas Kemenpora) Menpora Zainudin Amali. (Foto: Humas Kemenpora)

Apakareba: Indonesia menargetkan akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Indonesia juga memimpikan masuk 10 besar dalam pertandingan tersebut.

"Kita tentu tidak hanya ingin menjadi tuan rumah tetapi prestasi juga kita harus torehkan. Oleh karena itu, dalam desain besar ini kami menargetkan untuk 2032 itu kita berada di posisi 10 besar," kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 15 Maret 2021, Senin, 15 Maret 2021, seperti dilansir dari Medcom.id.

Zainudin menuturkan target 10 besar ini juga berlaku untuk Paralimpiade. Menurut dia, butuh dukungan baik dari segi anggaran maupun infrastruktur untuk mencapai target itu.

"Perlu juga dukungan antara kementerian, lembaga, BUMN, dan perusahaan swasta serta yang paling penting adalah dukungan dari daerah," ucap dia.

Pemerintah akan merumuskan ulang kebijakan yang sudah ada untuk mencapai target 10 besar itu. Saat ini, Zainudin masih menunggu arahan lanjutan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Nanti tentu akan lahir keputusan dari Bapak Presiden. Kita belum tahu bentuknya seperti apa tetapi desain besar ini akan kita dorong, karena ini satu perencanaan tentang prestasi olahraga kita jangka panjang," jelas dia.

Zainudin menegaskan tidak ada prestasi yang diraih secara kebetulan. Semua prestasi harus dirancang dengan matang.

"Makanya perlu grand design, tidak ada prestasi yang kita dapatkan by accident, prestasi harus kita dapatkan dengan desain," kata dia. (Nur Azizah)



(CIA)

Berita Lainnya