Ingin Badan Tetap Bugar selama Berpuasa? Yuk, Lakukan 5 Olahraga Ini

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Apakareba: Kata siapa kita tidak bisa berolahraga selama menjalankan ibadah puasa Ramadan? Faktanya, olahraga tetap dianjurkan selama berpuasa untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh lho. Bukan berarti puasa menjadi alasan kalian untuk berhenti melakukan aktivitas sehat ini.

Saat berpuasa, tubuh memang akan terasa lebih lemas dari biasanya. Dengan tidak adanya asupan makanan dan minuman selama hampir 14 jam, kondisi tubuh kita tentu tidak sekuat biasanya. Lantas, kenapa kita dianjurkan untuk berolahraga selama berpuasa? Bukannya akan membuat tubuh semakin lemas?

Jangan khawatir, pastinya olahraga yang dianjurkan bukanlah olahraga yang berat. Melainkan, olahraga ringan yang dilakukan pada waktu-waktu yang memang disarankan. Seperti, 1,5 jam sebelum berbuka puasa atau beberapa jam setelah berbuka puasa.

Lalu, olahraga apa saja yang aman dilakukan selama berpuasa satu bulan penuh ini? Dilansir dari Say Cheers, berikut olahraga yang akan membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa.

1. Yoga

Olahraga pertama yang disarankan untuk dilakukan, yakni yoga. Yoga dianjurkan karena tidak membutuhkan gerakan yang tidak terlalu menguras tenaga. 

Olahraga satu ini lebih menitikberatkan pada latihan teknik pernapasan. Yoga akan membantu proses pemasokan oksigen ke otak. Sehingga, pikiran kalian akan tetap jernih, tenang, dan nyaman selama berpuasa.

Tak hanya itu, yoga juga membantu proses detoksifikasi tubuh lebih maksimal. Lakukanlah olahraga ini selama 15 sampai 30 menit pada sore hari sebelum berbuka puasa.

2. Joging atau treadmill ringan

Joging merupakan salah satu olahraga yang paling diminati dan sering dilakukan secara rutin oleh seseorang dalam kesehariannya. Kabar baiknya, joging dengan intensitas ringan sangat baik dilakukan saat berpuasa lho

Baca juga: Suka Sakit Perut Saat Lari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lakukan joging ringan selama 20 sampai 30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa. Dengan catatan, pertahankan intensitas joging ringan untuk mencegah dehidrasi berlebihan. 

3. Jalan santai

Bagi kalian yang tidak terbiasa dengan joging, tenang saja, masih ada olahraga ringan lainnya yang bisa membuat tubuh kalian tetap bugur. Olahraga yang dimaksud, yakni jalan santai. 

Jalan santai sangat baik untuk kesehatan tulang belakang dan otot jantung. Pasalnya, 10 ribu langkah dalam sehari dapat mencegah osteoporosis lho. Sebaiknya, lakukan olahraga ini pada sore hari menjelang buka puasa.

4. Boling

Beberapa orang menganggap boling hanya sebagai permainan, bukan olahraga. Nyatanya, boling merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membantu kita untuk lebih rileks. Jadi, buat kalian yang ingin berolahraga selama berpuasa sembari menyenangkan diri dengan permainan, boling bisa menjadi alternatif terbaik untuk kalian. 

5. Latihan beban

Olahraga terakhir yang bisa kalian lakukan selama berpuasa, yaitu latihan beban. Meski dianjurkan, pilihlah beban yang tidak terlalu berat. Lakukan angkat beban secara perlahan agar otot tidak kram. Olahraga ini bisa menjadi opsi terbaik bagi kalian yang tidak ingin berolahraga di luar rumah alias menghindari sinar matahari. 



(SYI)

Berita Lainnya