Ini Filosofi Logo HUT ke-76 Republik Indonesia

Logo HUT ke-76 RI/Dok Setneg.go.id Logo HUT ke-76 RI/Dok Setneg.go.id

Apakareba:  Kurang dari sepekan lagi rakyat Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada Selasa, 17 Agustus 2021. Semarak bulan kemerdekaan semakin terasa dengan dirilisnya logo dan tema dari peringatan kemerdekaan tahun ini.

Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) telah merilis logo beserta tema yang digunakan dalam peringatan kemerdekaan HUT ke-76 RI.

Dihimpun dari pedoman penggunaan desain logo yang diterbitkan oleh Kemensesneg, berikut ini tema dan filosofi dari logo tersebut.

embed

Sumber: Setneg.go.id

Adapun penjelasan dari logo Kemerdekaan RI ke-76 ini merupakan visualisasi dari tema yang diusung tahun ini, yaitu 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.'

Tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah, maju bersama menempuh jalan penuh rintangan agar mampu mencapai masa depan yang lebih baik. Terlebih di saat kondisi pandemi belum berakhir.  

Deskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antara bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Filosofi desain

 embed
Sumber: Setneg.go.id

Bentuk angka '7' diasosiasikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia.

Bentuk ini juga melambangkan 'kepala Garuda' yang juga melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa bernegara.


 embed
Sumber: Setneg.go.id

Sedangkan bentuk angka '6' diasosiasikan sebagai 'orang dan roda yang sedang bergerak' terus maju yang melambangkan pertumbuhan ekonomi dan percepatan ekonomi.

embed
Sumber: Setneg.go.id
Bentuk ini diasosiasikan sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberi ruang demokrasi kepada rakyat untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Tidak hanya itu, bentuk ini juga dapat diasosiasikan sebagai 'panah' yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan

embed

Sumber: Setneg.go.id
Untuk bentuk yang terakhir, yakni bentuk lingkaran merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan yang ingin dicapai. Bentuk ini juga dapat diasosiasikan sebagai 'persatuan' Indonesia.

Baca juga:   Alasan Anda Harus Memasang Bendera Saat Bulan Kemerdekaan



(NAI)

Berita Lainnya