Dinkes Sulsel Belum Temukan Pemudik Positif Covid-19

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan mengaku pihaknya terus melakukan pemeriksaan secara acak atau random sampling swab antigen bagi pemudik saat arus balik. Pasalnya, belum ada kasus pemudik terkonfirmasi positif covid-19

"Per hari kita random sampling pemeriksaan antigen 50 pemeriksaan, termasuk kita semua minta surat keterangan (bebas) covid-19. Dan Alhamdulillah laporan yang kita terima belum ada yang positif," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sulawesi Selatan Muhammad Ichsan Mustari dalam keterangan tertulis di Makassar, Selasa, 18 Mei 2021, melansir Antara. 

Ichsan mengatakan jika ke depan ada pemudik yang ditemukan terkonfirmasi covid-19, pihaknya telah menyiapkan ruang isolasi di setiap posko penyekatan. Para pemudik yang ditemukan positif maka tak diperbolehkan masuk ataupun lewat di pos penyekatan. 

"Kalaupun ada yang positif, kabupaten kota telah menyiapkan ruang atau tempat isolasi di kabupaten masing-masing, ada dikembalikan, yang pasti mereka tidak bisa masuk," jelas dia. 

Baca juga: Pascalebaran, Pemeriksaan Swab di Bandara Sultan Hasanuddin Diperketat

Ichsan menambahkan sebanyak 10 titik tempat pemeriksaan pemudik telah disiapkan. Kurang lebih sebanyak 50 swab tes antigen disiapkan setiap harinya. 

"Titik pemeriksaan kita, jadi di Luwu Timur di Wajo, di Pinrang, Toraja, Toraja Utara, Bone, itu ada 10 titik. Per hari kita random sampling pemeriksaan antigen 50 pemeriksaan, tapi kita semua minta surat keterangan (bebas covid-19)," ujar Ichsan.

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan apresiasinya kepada semua jajaran yang bertugas dalam pengamanan antisipasi mudik Idulfitri 1442 Hijriah. Mulai dari Bupati/Wali Kota serta jajaran TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Kesbangpol, dan instansi terkait.  



(CIA)

Berita Lainnya