Siap-Siap! Instagram Bakal Luncurkan Sejumlah Fitur Baru, Bisa Blokir dan Sembunyikan Kata yang Tidak Ingin Dilihat

Fitur memblokir akun pada aplikasi Instagram. (ANTARA/about.instagram.com) Fitur memblokir akun pada aplikasi Instagram. (ANTARA/about.instagram.com)

Platform media sosial Instagram mengumumkan pembaruan untuk fitur blokir dan kata yang yang disembunyikan (hidden words). Fitur tersebut diperuntukkan untuk akun yang memiliki banyak pengikut.

"Kami ingin membuat sesulit mungkin seseorang yang sudah diblokir untuk bisa mengontak Anda lagi," tulis pihak Instagram, dikutip dari Antara, Jumat, 21 Oktober 2022. 

Instagram akan memberikan opsi untuk memblokir akun lainnya yang kemungkinan dibuat oleh orang yang telah diblokir sebelumnya. Hasil uji coba Instagram untuk fitur blokir baru menunjukkan ada sekitar 4 juta akun yang diblokir setiap minggu.

Sementara akun yang dapat mengaktifkan fitur kata yang disembunyikan atau hidden words adalah yang memiliki pengikut mulai dari 10.000. Nantinya Instagram akan memblokir pesan dan komentar dengan  kata yang tidak ingin dilihat pengguna.

Melalui pembaruan, kata yang disembunyikan juga berlaku untuk balasan Story. Instagram juga menambah kemampuan penyaringan kata supaya bisa mengenali salah ketik pada kata-kata kasar, misalnya menggunakan angka "1" untuk mengganti huruf "i".

Penggunaan fitur kata yang disembunyikan tersedia untuk bahasa Farsi, Turki, Rusia, Benggala, Marathi, Telugu dan Tamil.

Selain itu, Instagram juga menghadirkan fitur notifikasi pengingat ketika akan mengirim pesan yang berpotensi menghina. Fitur itu tersedia dalam bahasa Inggris, Portugis, Spanyol, Prancis, China dan Arab.

Ketika mengirim pesan atau komentar kepada pengguna lain, Instagram akan memberikan notifikasi supaya pengguna bisa berpikir ulang jika pesan tersebut dinilai bisa menyinggung orang lain.

BACA: Psst... Durasi Fitur Reels di Instagram Bakal Jadi 90 Detik



(UWA)

Berita Lainnya