Belum Maksimal, Pemkot Makassar Masifkan Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Apakareba: Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memasifkan vaksinasi covid-19 untuk kelompok lanjut usia (lansia). Vaksinasi untuk kelompok ini terus dikebut lantaran capaian vaksinasi baru 70 persen.
  
"Vaksinasi di Makassar sudah mencapai 75 persen dan sisanya untuk mencapai 100 persen rata-rata di dominasi usia 55 tahun ke atas," katanya Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, dilansir dari Medcom.id, Selasa, 16 November 2021.

Untuk memaksimalkan vaksinasi covid-19 lansia di Kota Makassar, pihaknya bekerja sama dengan Dandim 1408/BS Makassar. Hal itu bertujuan untuk melakukan vaksinasi door-to-door atau ke rumah-rumah warga. 
 
"Maka dari itu saya meminta SKPD (satuan kerja perangkat daerah) terkait untuk memberikan datanya siapa saja rumah yang memiliki lansia agar segera dikunjungi untuk melakukan vaksinasi," jelasnya. 

Selain itu, Danny Pomanto juga meminta warganya yang belum melakukan vaksinasi kedua agar ikut dalam sasaran vaksinasi covid-19 kepada lansia. Terutama demi mengejar pembentukan herd immunity di Kota Makassar. 

“Satu kali jalan itu bisa vaksinasi lansia dan vaksinasi kedua bagi warga yang belum vaksin. Data yang sangat di butuhkan agar tidak ada salah komunikasi di lapangan. Peranan RT/RW di sini juga sangat diharapkan”,jelasnya.

Dandim 1408/BS, Kolonel Kav Dwi Irbaya Sandra, mengatakan pihaknya siap membantu Pemerintah Kota Makassar dalam menyukseskan vaksinasi ini. “Bersama-sama dengan Pemkot untuk menuntaskan vaksinasi. Kelompok lansia ini yang menjadi tugas bersama mengingat edukasi yang perlu disampaikan kemudian ajakan vaksinasi dari rumah ke rumah," katanya.

Baca: Jadwal Uji Klinis Vaksin Merah Putih
 
Pelaksanaan vaksinasi covid-19 ini diharapkan segera dapat dilaksanakan. Dengan begitu warga Makassar bisa mencapai target 100 persen penyelesaian vaksinasi dan Kota Makassar berpeluang turun ke level satu pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).



(RAI)

Berita Lainnya