5 Praktik Pesugihan yang Mengerikan

Babi hutan Indonesia kini menginvasi ke Malaysia. Foto: The Star Babi hutan Indonesia kini menginvasi ke Malaysia. Foto: The Star

Apakareba: Pemberitaan mengenai pesugihan kembali mengemuka,setelah beberapa bulan lalu dihebohkan dengan babi ngepet di Depok, Jawa Barat. Baru-baru ini juga terjadi aksi diduga pesugihan yang melibatkan kekerasan kepada seorang bocah di Gowa, Sulawesi Selatan.

Walaupun perkembangan zaman dan peradaban manusia sudah sangat maju, tidak bisa dimungkiri praktik pesugihan masih laris digunakan di sebagian daerah di Indonesia. Iman yang tidak kuat membuat sebagian orang memilih jalan pintas ini.

Pesugihan sendiri merupakan perjanjian antara manusia sebagai pelaku dengan makhluk gaib. Walau sudah sangat kuno untuk dilakukan, masih banyak orang yang melakukan praktik ini demi memiliki banyak harta.

Di Indonesia sendiri cukup banyak jenis dari pesugihan. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut informasinya.

1. Babi ngepet

Jenis pesugihan yang pertama ini sudah sangat terkenal di masyarakat. Praktik mengenai pesugihan ini juga telah menjadi mitos, hingga diangkat menjadi beberapa judul sinema elektronik.

Dengan pesugihan ini, seseorang dapat berubah menjadi babi dan mampu mencuri benda berharga tanpa ketahuan. Syaratnya dengan menjaga nyala api lilin agar tetap menyala saat melakukan aksi.

2. Tuyul

Selanjutnya ada pesugihan tuyul, praktik ini juga tidak kalah terkenalnya dengan pesugihan babi ngepet. Mitos ini masih beredar dan sebagian orang masih percaya. Dalam beberapa kasus masih ada pihak yang terlibat dalam praktik pesugihan dan jual beli tuyul sampai sekarang lho.

Diketahui tuyul digambarkan sebagai makhluk gaib berwujud anak-anak. Beberapa orang mengaku dapat atau sempat melihat penampakan mahluk halus ini saat melakukan aksinya.

3. Pesugihan Nyi Blorong

Untuk yang ketiga dapat dibilang cukup mengerikan, sebab pesugihan Nyi Blorong juga meminta tumbal kepada pelaku pesugihan. Namun, tumbalnya pelaku itu sendiri, yakni jika pelaku meninggal maka arwahnya akan jadi pengikut Nyi Blorong.

Berdasarkan kabar yang beredar, orang yang melakukan ritual pesugihan Nyi Blorong dapat kaya sampai dua dekade (20 tahun) lho.

Baca juga: Diduga untuk Pesugihan, Orang Tua Tega Cungkil Mata Anaknya


4. Pesugihan bulu genderuwo

Diketahui jenis pesugihan yang satu ini adalah praktik pesugihan yang paling laris lho. Konon, hal ini disebabkan syarat dan tumbalnya bukanlah nyawa.

Dengan pesugihan ini orang yang menginginkan kekayaan instan, hanya menyiapkan masakan dari burung gagak dan berdiri di bawah pohon gayam sambil bertelanjang bulat.

5. Pesugihan minyak kuyang

Untuk yang terakhir ada pesugihan menggunakan minyak kuyang. Biasanya minyak ini disimpan dalam wadah bernama cecupu. Namun, pesugihan jenis ini hanya bisa didapat di Pulau Kalimantan.

Konon katanya, ada lima jenis minyak dengan warna yang berbeda dan mempunyai efek berbeda pula. Salah satunya adalah minyak warna putih yang dapat membawa pulang kembali uang yang sudah dibelanjakan.

Nah, itulah rangkuman praktik pesugihan di Indonesia yang cukup populer dan sering dipakai. Kuatkan iman dan pastikan Anda tidak mengikutinya ya! Sebab, kesuksesan didapatkan hanya dengan doa dan kerja keras.



(NAI)

Berita Lainnya