Bukan Menjadi Budak Setan, Ini Nasib Orang yang Gunakan Pesugihan

Ilustrasi neraka sumber oase.id/ unspalsh: Andy Watkins Ilustrasi neraka sumber oase.id/ unspalsh: Andy Watkins

Apakareba: Banyak yang mengira jika seseorang melakukan praktik pesugihan semasa hidupnya, ketika wafat akan menjadi anak buah setan dan arwahnya gentayangan. Namun, menurut Yahya Zainul Ma'arif atau lebih dikenal Buya Yahya tidak demikian.

Mengutip dari tayangan Youtube Al-Bahjah TV, Buya Yahya menjelaskan jika orang yang sudah meninggal dunia akan terputus dari ikatan termasuk kepada setan. Kemudian azab mengerikan juga menanti mereka yang melakukan pesugihan dan belum bertaubat.

"Kepercayaan sebagian masyarakat kalau sudah pernah memiliki ilmu, nanti kalau mati akan jadi budaknya setan. Enggak, kalau mati akan mendapatkan siksa dari Allah," katanya, dikutip Senin, 6 September 2021.

Baca juga:  5 Praktik Pesugihan yang Mengerikan

Menurutnya anggapan jika seseorang akan menjadi rekan setan saat meninggal merupakan karangan dari dukun semata. Karena nyatanya mereka akan mendapat siksa di alam barzah.

Buya Yahya juga menegaskan, tidak ada roh gentayangan akibat pesugihan atau apapun itu. Buya menyarankan jika ingin mendapatkan kekayaan, maka gunakan jalan yang benar.

"Takutlah kepada Allah. Ingin kaya dengan cara berbisnis yang benar? Jual beli yang benar. Allah akan berikan kaya, dan ingat di dunia adalah sementara, untuk selamanya nanti di akhirat," ujarnya. 



(NAI)

Berita Lainnya