Bioskop Keliling Jadi Ajang Promosi Museum

https://makassar.antaranews.com/berita/429165/disbudpar-sulawesi-selatan-gelar-bioskop-keliling-di-tiga-daerah https://makassar.antaranews.com/berita/429165/disbudpar-sulawesi-selatan-gelar-bioskop-keliling-di-tiga-daerah

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulawesi Selatan mengadakan bioskop keliling di tiga kabupaten dan kota. Di antaranya adalah Kabupaten Pinrang, Barru, dan Kota Parepare.

Program itu sebagai upaya untuk penyebarluasan informasi museum di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Disbudpar Sulsel, Muh Jufri, menuturkan bahwa dengan adanya bioskop keliling diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap nilai penting budaya bangsa dan sinergi antara generasi muda. Khususnya pelajar dan museum dalam mewujudkan peningkatan kuantitas dan kualitas kunjungan ke museum.

"Bioskop keliling sekiranya dapat mewujudkan museum sebagai media belajar dan kesenangan yang dinamis dan atraktif," ujar Muh Jufri, dilansir dari Antara, Jumat, 30 September 2022.

Layanan bioskop keliling tersebut menayangkan film-film bertema kebudayaan serta perjuangan para pahlawan.

Jufri menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu layanan edukasi dari museum lewat bioskop keliling. Bioskop keliling bisa dimanfaatkan untuk kepentingan sosialisasi mengenai bidang kebudayaan.

"Layanan dengan dukungan mobil bioskop keliling ini sangat membantu proses pemberian layanan edukasi bagi peserta didik maupun masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, Disbudpar Sulawesi Selatan juga sudah melaksanakan bioskop keliling di Kabupaten Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng.



(UWA)

Berita Lainnya