Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa NTT di Selayar

Ilustrasi akibat gempa Ilustrasi akibat gempa

Apakareba: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) menyalurkan bantuan untuk korban terdampak gempa Nusa Tenggara Timur di Kabupaten Selayar. Bantuan itu guna memenuhi kebutuhan korban.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel, Andi Irawan Bintang, mengatakan bantuan logistik itu dikirim melalui Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba. Selanjutnya diangkut menggunakan fery menyeberang ke Selayar. 

"Dari Kota Benteng Selayar, diantar dengan kapal laut selama 18 jam ke daerah terdampak 115 mil laut dari Benteng," katanya, di Kota Makassar, seperti dilansir dari Medcom.id, Jumat, 17 Desember 2021.

Bantuan tersebut berupa matras 525 sebanyak 25 lembar; selimut sebanyak 50 lembar; family kit 576 buah atau 50 paket; kidswear sebanyak 15 paket; dan foodware 576 buah atau 20 paket. Kemudian tenda gulung sebanyak 50 paket; kasur sebanyak 20 lembar; dan beras sebanyak 1 ton.

"Hari ini menuju Kota Benteng, membawa logistik untuk korban dan selanjutnya akan ke lokasi terdampak," jelasnya. 

Gempa dengan magnitudo 7,5 terjadi pada Selasa, 14 Desember 2021, sekitar pukul 10.20 WIB. Titik 7.59 Lintang Selatan, 122.26 Bujur Timur atau tepatnya di Larantuka, Nusa Tenggara Timur. 

Akibat gempa tersebut, Sulawesi Selatan menjadi salah satu yang paling terkena dampak, khususnya di Kabupaten Selayar. Namun, yang paling merasakan ada dua daerah, yakni Kecamatan Pasilambena dan Kecamatan Pasimarannu. 

Sebanyak 5.511 kepala keluarga yang terkena dampak gempa Nusa Tenggara Timur, pada 14 Desember 2021 kemarin. Sebanyak 3.353 kepala keluarga di Kecamatan Pasarimarannu dan 2.158 kepala keluarga di Kecamatan Pasilambena. 

Ribuan warga yang ada di dua kecamatan tersebut, hingga saat ini masih bertahan di lokasi pengungsian. Para korban yang terkena dampak tersebut mengantisipasi akan adanya gempa susulan yang bisa membahayakan mereka. 



(RAI)

Berita Lainnya